Gorontalo Bakal Segera Miliki “Lapas Anak”

Wagub Gorontalo H. Idris Rahim meletakkan batu pertama pembangunan LPKA Provinsi Gorontalo

GORONTALO – Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim melakukan peletakan batu pertama pembangunan kantor Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Gorontalo, Senin (2/10). Pembangunan LPKA ini nantinya akan menampung anak-anak yang bermasalah hukum yang sebelumnya di tempatkan bersama orang dewasa di Lapas Donggala.

Wagub Idris Rahim menyambut baik pembangunan LPKA ini. Menurut wagub, gedung ini sangat penting dalam upaya pembinaan anak-anak yang terkena masalah hukum. Di era globalisasi, era kemajuan ilmu pengetahuan teknologi sertaa era kompetisi dewasa ini tidak bisa terhindar dari masalah dan gesekan yang mengakibatkan anak-anak bermasalah hukum.

“Ini diharapkan menjadi tempat pembinaan anak anak yang bermasalah hukum. Bagaimana pun juga mereka nanti yang diharapkan menjadi pemimpin di masa datang,” tutur Idris Rahim.

Lebih lanjut mantan Sekda Provinsi itu berharap agar LPKA bisa melaksanakan tugas pokok dan fungsinya secara preventif dan represif. Preventif artinya agar supaya tidak terjadi kenakalan remaja atau anak anak yang bermasalah hukum. Perlu adanya koordinasi antara kepala LPKA dengan instanasi terkait untuk melakukan sosialisasi dan pencegahan.

“Secara represif artinya anak-anak yang bermasalah hukum supaya dibina secara terus menerus, Mereka tetap disekolahkan sebagaimana biasa, diawasi dan juga tidak hanya anak yang dibina tetapi juga orang tuanya dan lingkungannya,” imbuhnya.

Terkait dengan pembangunan kantor dengan anggaran 2,8 Milyar Rupiah itu, Idris berharap tidak mempengaruhi kualitas bangunan yang disebabkan kurangnya anggaran. Waktu pekerjaan yang hanya 75 hari kerja diharapkan dapat dikerjakan secara simultan tanpa saling menunggu agar dapat diselesaikan tepat waktu.

Pewarta/Editor : Ismail
Foto : Haris

115 total views, 2 views today

author

Author: 

Leave a Reply