Gerakan Wakaf Dorong Percepatan Kesejahteraan Umat

Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (berdiri pertama kanan) dan Ketua ICMI Jimly Asshiddiqie (berdiri kedua kanan), menyaksikan penandatanganan kerja sama Gerakan Wakaf antara Ketua ICMI Korwil Gorontalo Winarni Monoarfa (kiri) dengan Ketua Badan Wakaf Al Azhar Muhammad Rofiq Thayyib Lubis, di gedung Grand Palace Kota Gorontalo, Sabtu (11/11)

GORONTALO – Wakaf merupakan salah satu potensi dalam meningkatkan kesejahteraan umat Islam. Namun diakui, pengelolaan dan pelaksanaan wakaf selama ini belum teroganisir dengan baik. Hal itu dikatakan Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim saat membuka seminar nasional dengan tema “Gerakan Wakaf untuk Kesejahteraan Umat” yang dilaksanakan oleh Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Korwil Gorontalo di gedung Grand Palace Kota Gorontalo, Sabtu (11/11).

“Saya sangat mengapresiasi upaya ICMI untuk mempelopori gerakan wakaf, sehingga pengelolaan dan pelaksanaan wakaf akan lebih teroganisir dan bermanfaat untuk mendorong kesejahteraan umat Islam di Provinsi Gorontalo,” kata Idris.

Idris mengutarakan, gerakan wakaf yang dipelopori oleh ICMI sejalan dengan upaya Pemerintah Provinsi Gorontalo dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Provinsi Gorontalo yang penduduknya mayoritas beragama Islam, gerakan wakaf harus terus digelorakan sehingga percepatan kesejahteraan masyarakat dapat diwujudkan.

“Untuk itu perlu ada sosialisasi agar potensi wakaf dapat dimaksimalkan. Melalui seminar ini saya berharap akan diperoleh rumusan yang konkrit untuk pengembangan wakaf di Provinsi Gorontalo,” ujar Wagub.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Winarni Monoarfa, selaku Ketua ICMI Korwil Provinsi Gorontalo dalam laporannya mengatakan, pelaksanaan seminar nasional tersebut merupakan bentuk dukungan ICMI dalam pembangunan Provinsi Gorontalo.

“Kehadiran ICMI sangat mewarnai dinamika pembangunan Provinsi Gorontalo. Diusia Provinsi Gorontalo yang ke-17, ICMI berkomitmen untuk terus memberikan kontribusi terhadap pembangunan daerah,” kata Winarni.

Winarni mengungkapkan, gerakan wakaf merupakan bentuk dukungan ICMI terhadap program Pemerintah Provinsi Gorontalo. Menurutnya, dalam mewujudkan visi Gorontalo unggul, maju, dan sejahtera, Pemerintah Provinsi Gorontalo tidak bisa mewujudknya sendiri.

“Butuh dukungan seluruh stakeholder untuk mewujudkan visi Pemprov Gorontalo. Menjadi spirit bagi ICMI untuk mengambil peran yang strategis dengan memberikan jalan alternatif dan solusi-solusi menyangkut penguatan dan pemberdayaan ekonomi umat melalui gerakan wakaf,” paparnya.

Seminar nasional gerakan wakaf menghadirkan pembicara utama Ketua ICMI Jimly Asshiddiqie. Hadir pada seminar tersebut Kapolda Gorontalo Brigjen Pol. Rachmad Fudail, pimpinan SKPD Provinsi Gorontalo, pimpinan perguruan tinggi, tokoh agama dan tokoh masyarakat, serta mahasiswa.

Pada kesempatan itu dilakukan penandatanganan kerja sama gerakan wakaf antara Ketua ICMI Korwil Gorontalo Winarni Monoarfa dengan Ketua Badan Wakaf Al Azhar Muh. Rofiq Thoyib Lubis.

Pewarta/Editor : Haris
Foto : Haris

97 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply