Forum Green Investment, Dorong Sinergitas Investasi Kawasan Teluk Tomini

Penjabat Gubernur Gorontalo Prof. Zudan Arif Fakrulloh Memaparkan Potensi Investasi di Provinsi Gorontalo

 

Gorontalo – Forum Green Investment yang digagas oleh Pemerintah Kabupaten Gorontalo dengan menghadirkan Bupati/Walikota di kawasan Teluk Tomini, diharapkan oleh Penjabat Gubernur Gorontalo Prof. Zudan Arif Fakrulloh akan menjadi motor penggerak model pemerintahan yang baru dalam mewujudkan janji-janji negara yang tertuang dalam konstitusi, yakni mencerdaskan kehidupan bangsa, melindungi segenap tumpah darah, dan memajukan kesejahteraan umum. Hal ini disampaikan Zudan saat membuka sekaligus memberikan paparan tentang potensi investasi dan gagasan pengembangannya di Provinsi Gorontalo, yang digelar di Pentadio Resort, Telaga, Kabupaten Gorontalo, Jumat (14/4).

Zudan mengatakan, untuk memenuhi janji-janji negara tersebut, pemerintah dituntut untuk merubah paradigma kompetisi menjadi pendekatan sinergitas dan Co Creation.

“Masyarakat menagih janji kepada pemerintah, mereka minta dicerdaskan, dilindungi, dan disejahterakan. Untuk memenuhi janji itu, pemerintah tidak bisa lagi saling berkompetisi, tetapi harus berjalan bersama untuk mencapai tujuan yang seiring,” jelas Zudan.

Lebih lanjut Zudan memaparkan, Provinsi Gorontalo yang terdiri dari 6 Kabupaten/Kota dengan 732 desa, memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan. Pemerintah Provinsi Gorontalo sendiri ungkap Penjagub, saat ini terus mendorong investasi di sektor energi baru dan terbarukan, sektor pertanian, perikanan, dan kelautan, sektor industri, dan sektor pariwisata.

“Silahkan para pengusaha dan investor datang ke Gorontalo, Pemerintah Provinsi Gorontalo akan memberikan fasilitas dan kemudahan perizinan bagi setiap investasi di daerah ini,” ujar Penjagub.

Untuk sektor pariwisata yang diyakini sebagai sektor penggerak bagi sektor-sektor lainnya, secara khusus Prof. Zudan berharap untuk bisa mensinergikan dan membuat Co Creation dalam paket perjalanan wisata antara Provinsi Sulawesi Utara, Gorontalo, dan Sulawesi Tengah.

“Buatlah satu paket perjalanan wisata, dimana para wisatawan dari Togean kita arahkan ke Olele, dan selanjutnya ke Bunaken, ataupun sebaliknya. Jadi sama-sama kita mendorong tumbuhnya sektor pariwisata ini, dan saya optimis dengan model ini kawasan Tomini Raya pasti akan cepat maju,” pungkas Zudan. (Haris – Tim Redaksi Humas)

159 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply