Fokus Pertanian – Pemprov Siapkan Rp1,3 Miliar Komoditi Unggulan Di Bone Bolango

Gorontalo (2/3) – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, terus memberikan perhatianya kepada para petanai di Gorontalo, dimana untuk tahun ini Pemerintah Provinsi, sedikitnya ada Rp1,3 Miliar untuk komoditi unggulan di Bone Bolango.

Menurut Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Provinsi Gorontalo Sunandar Bokings menjelaskan bahwa, program dibidang perkebunan ini, yang akan dialokasikan untuk petani di Kabupaten Bone Bolango, bersumber dari APBN dan APBD 2016.

” untuk kegiatanya antara lain Penanaman Nilam untuk 10 Haktare (Ha), pengadaan alat pasca panen cengkeh, Demplot pengendalian OPT Nilam, pengembangan cengkeh 100 Ha, pengembangan Kakao sambung pucuk 50 Ha, intensifikasi Kakao 50 Ha, pasca panen cengkeh 1 Kelompok tani,” Kata Sunandar Bokings.

Baca Juga :  Pemprov Gorontalo Terus Bangung Infrasturkur

Jismon Djakaria kepala bidang perkebunan, merinci beberapa pelaksanaan bantuan tersebut yaitu untuk pengembangan Kakao sambung pucuk, wilayah pendistribusianya yaitu di Kecamatan Bulango Ulu, Suwawa Timur, dan Kecamatan Tilongkabila.

Sementara itu untuk Nilam di Desa Longalo Kecamatan Bolango Utara, pasca panen Cengkeh di Desa Tumbulilato Kecamatan Bone, Demplot pengendalian OPT Nilam di Desa Owata Kecamatan Bulango Ulu.

“Untuk cengkeh akan dilaksanakan dibeberapa desa yang ada di Kecamatan Suwawa Timur,” Ujarnya.

Dijelaskanya bahwa, masyarakat Bone Bolango lebih banyak memilih komoditi yang nilai ekonominya cukup tinggi, seperti minyak Astri Nilam yang harganya mencapai Rp425 ribu-Rp550 ribu/kg, begitu juga cengkeh dengan kisaran harga Rp130 Ribu/Kg, dan Kakao Rp25 Ribu/Kg.

Baca Juga :  Foto - Rangkaian Kunjungan Kerja di Kecamatan Tolinggula

Hingga saat ini, Dinas Peternakan dan Perkebunan Provinsi Gorontalo, masih melakukan verifikasi dan penelitian bagi calon petani dan calon lahan, untuk pendistribusian nanti.

“kita akan lihat, apakah mereka punya kemauan, kemapuan atau keterempilan dalam pengolahan dan yang terpenting calon penerima ini punya lahan yang mereka kuasai,” Ujarnya.

Semua bantuan yang digulirkan oleh Pemerintah melalui program dan kebijakan Gubernur Gorontalo Rusli Habibe, tujuanya hanyalah peningkatan ekonomi kerakyatan yang menyeluruh.

361 total views, 1 views today

Berita Terkait

ADD Provinsi Gorontalo Rp403 Miliar Gorontalo (16/2) - Terkait dengan alokasi Anggara Dana Desa (ADD) tahun ini Gorontalo mendapat kucuran dana sebesar Rp403.677.978.000 yang tersebar di...
Rusli : 20.000 Listrik Gratis Akan Terpasang Tahun... Gorontalo - Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, saat bertatap muka dengan masyarakat di Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo menjelaskan bahwa, bagi m...
25 Haktare Lahan Warga Untuk PLTG, Rusli Ucapkan T... Gorontalo (13/2) - Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah merelakan lahanya untuk pembangunan Pembang...
Rusli Berbagi Bersama Anak Yatim RHNews.com - Sebagai insan yang sadar akan status dan kedudukan saat ini adalah amanah dan tanggungjawab mulia yang diberikan oleh yang Maha Kuasa ser...
Tags:
author

Author: