Enam Dermaga untuk Peningkatan Pariwisata Gorontalo

Gorontalo – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie  mengusulkan pembangunan enam dermaga Apung ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI, untuk peningkatan ekomoni melalui sektor pariwisata Gorontalo.

Rusli Habibie mengatakan, keenam dermaga apung tersebut yaitu, tempat wisata Taman Laut Olele, lokasi keberadaan Hiu Paus di Kabupaten Bone Bolango. Kemudian objek wisata Blue Merlin di Kota Gorontalo, lalu Pulo Cinta di Kabupaten Boalemo. Serta Pohon Cinta di Kabupaten Pohuwato, dan terakhir Pulau Huha di Kabupaten Gorontalo Utara. Keenam objek wisata tersebut sangat potensial dan mulai dikenal dunia, sehingga perlu didorong sarana penunjangnya salah satunya yaitu dengan dibangunnya dermaga apung.

“Dengan hadirnya dermaga apung tersebut diharapkan baik wisatawan mancanegara maupun domestik dengan mudah mengakses objek wista tersebut,” kata Rusli Habibie, saat bertemu dengan Sekjen Kementrian Perhubungan RI Sugihardjo di Jakarta, Jumat (24/6).

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Pariwisata Komunikasi dan Informasi (Hubparkominfo) Provinsi Gorontalo Djamal Ngandro menjelaskan, pertemuan tersebut adalh tindak lanjut dari pertemuan dan komunikasi yang dilakukan oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dengan Menteri Perhubungan RI Ignatius Jonan.

Rencananya tahun depan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo akan memasukan pengembangan sektor pariwisata pada salah satu program prioritas untuk menunjang ekonomi, sehingga pemerintah terus membangun komunukasi secara intens dengan berbagai instansi terkait.

“Program yang ada dikementrian ini dinilai sangat cocok untuk dimanfaatkan mendorong aksesbilitas kepada objek wisata unggulan di Provinsi Gorontalo,” kata Djamal Ngandro.

Sehingga melalui pertemuan dengan Sekjen Kemenhub Sugihardjo, Pemprov Gorontalo telah memasukan proposal usulan pembangunan dermaga apung tersebut. (Leisye S, Dishubparkominfo/b-rh)

 

369 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply