e-Samsat Gorontalo, Bayar Pajak Kendaraan dengan SMS Banking

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (tiga kiri) didampingi Direktur Lalu Lintas Polda Gorontalo Kombes Pol M. Pratama saat menggelar rapat persiapan launching e-samsat bertempat di kediaman pribadi gubernur, Jumat (13/7/2018). e-samsat melalui SMS Banking rencananya akan diluncurkan pada Sabtu 24 Juli 2018 nanti. (Foto: Salman-Humas).

KOTA GORONTALO, Humas – Pemprov Gorontalo akan memberlakukan pembayaran menggunakan aplikasi e-samsat. Aplikasi dengan menggunakan SMS Banking ini rencananya mulai efektif diberlakukan pekan depan, Senin 24 Juli 2018.

“e-samsat ini merupakan program untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Jadi tidak perlu lagi repot-repot mengantri di Samsat cukup membayar melalui ATM dan bukti pembayaran itu yang diserahkan ke samsat,” kata Gubernur Gorontalo Rusli Habibie usai menggelar rapat persiapan launching e-samsat, Jumat (13/7/2018).

Baca Juga :  95 Pengungsi Sulteng Dievakuasi ke Gorontalo

Sebagai langkah awal, Badan Keuangan bekerjasama dengan Direktorat Lalu Lintas Polda Gorontalo dan pihak perbankan akan melakukan demo dan launching e-Samsat, Sabtu 21 Juli nanti bertempat di Warung Upnormal Kota Gorontalo.

e-samsat yang dirilis pemprov merupakan upaya untuk mendukung program keuangan non tunai. Selain itu, e-samsat juga merupakan hasil rekomendasi dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai wujud pemberantasan tindak pidana korupsi di daerah.

“Pajak kendaraan ini juga menjadi salah satu favorit kita, sumber PAD (Pendapatan Asli Daerah). Makanya kita terus tingkatkan pelayanannya supaya masyarakat mudah dan lancar membayar,” imbuh gubernur dua periode itu.

Pada rapat tersebut, sudah ada dua bank yang mengkonfirmasi mendukung program e-samsat yakni Bank BRI dan Bank Sulutgo. Pihak bank selanjutnya menyiapkan SMS Banking bagi nasabah untuk mendapatkan kode bayar melalui SMS untuk dilanjutkan dengan melakukan pembayaran di bank atau melalui ATM.

Baca Juga :  Ranperda RZWP3K Provinsi Gorontalo Hampir Rampung

Bank Sulutgo misalnya, saat ini sudah merilis nomor SMS Banking di 3654. Wajib pajak nasabah bank Sulutgo cukup mengetik HELP<spasi>SAMSAT<spasi>GTO<spasi> KODE SAMSAT<spasi>NOMOR KENDARAAN<spasi>NIK<spasi>[PIN] kirim ke 3654. Nasabah akan mendapatkan balasan kode bayar lengkap dengan rincian pajak yang harus dibayar.

Pembayaran selanjutnya dilakukan di bank terdekat atau melalui ATM. Langkah terakhir, bukti bayar dari bank/ATM dibawa ke samsat untuk dilakukan notice pajak atau pengesahan dengan membawa STNK asli.

 

Pewarta: Isam

1,110 total views, 4 views today

author

Author: