DKP Gorontalo Gelar Sinkronisasi Program Dengan Kabupaten/Kota

0
104
Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Darda Daraba saat memberikan sambutan pada Sinkronisasi Program dan Kegiatan dengan Kabupaten/Kota khusus untuk alokasi anggaran tahun 2020 dan 2021 baik yang bersumber dana dari APBN dan DAK, di Maqna Hotel, Kota Gorontalo, Senin (17/2/2020). (Foto: Nova – Humas).

KOTA GORONTALO, Humas – Dinas Kelautan Perikanan Provinsi Gorontalo menggelar Sinkronisasi Program dan kegiatan dengan Kabupaten/Kota khusus untuk alokasi anggaran tahun 2020 dan 2021 baik yang bersumber dari dana APBN dan DAK, di Maqna Hotel, Kota Gorontalo, Senin (17/2/2020).

Kegiatan ini dihadiri kepala Dinas Kelautan dan Perikanan kabupaten/kota se Provinsi Gorontalo, Kepala UPT Satuan Kerja Lingkup Kementerian Kelautan dan Perikanan, UPTD Pelabuhan Perikanan Pantai Kwandang, UPTD Stasiun Karantina Ikan dan perwakilan Bapppeda Provinsi Gorontalo.

Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Darda Daraba dalam kesempatan itu mengatakan, ada tiga hal yang harus diperhatikan Dinas Kelautan dan Perikanan dalam mengsinkronisasikan program dan kegiatan dengan kabupaten/kota.

Yang pertama, bagaimana mendorong kawasan pertumbuhan ekonomi melalui pembangunan kawasan khusus berbasis pada partisipasi sektor usaha perikanan dan kelautan. Kedua, peningkatan daya saing produk perikanan melalui peningkatan mutu dan keragaman olahan hasil perikanan . serta terakhir pembangunan infrastruktur.

“Apalah artinya jika kawasannya ada, produksi melimpah tapi tidak ada akses menuju kesitu tidak ada. Sudah pasti harga lebih tinggi dan tidak berdaya saing,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, Provinsi Gorontalo sangat terkenal dengan potensi keragaman lautnya. Hal itu yang mendorong Pemprov Gorontalo menjadikan sektor perikanan dan kelautan sebagai salah satu program prioritas dalam program ekonomi kerakyatan.

Oleh karena itu, Sekda Darda berharap agar Dinas Kelautan dan Perikanan melakukan percepatan pelaksanaan program dan kegiatan untuk tahun 2020. Utamanya terkait dengan pelayanan dasar dan pemenuhan kebutuhan sarana produksi kepada masyarakat.

Artikel Terkait  Penetapan Lokasi Pembangunan Secaba TNI-AD Dimatangkan

“Untuk program kegiatan di tahun 2021, kiranya peserta dapat memberikan berbagai masukan selama pelaksanaan kegiatan dan konsep yang ditawarkan lebih inovatif dan memberikan dampak terhadap peningkatan produksi, serta peningkatan PDRB daerah,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Gorontalo Silla Nurainsyah Botutihe mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menyelaraskan semua program dan kegiatan di tahun 2020. Serta mensinkronkan program dan kegiatan yang strategis untuk 2021 dengan kabupaten kota.

“Program yang diusulkan kabupaten/kota harus bisa membackup apa yang menjadi usulan dari provinsi. Karena yang kita ketahui bersama bahwa target yang sudah ditetapkan di dalam RPJMD adalah target bersama dengan kabupaten kota sehingga dalam rangka pencapaian harus disinkronkan dengan kabupaten kota agar tidak ada satu pun program yang tumpang tindih,” tandasnya.

Pewarta: Nova

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini