Dispar Gandeng Siswa SMA Promosikan Wisata

Sekdaprov Gorontalo Darda Daraba memberikan sambutan pada Pelatihan Dasar Sumber Daya Manusia (SDM) Kepariwisataan “Goes To School”, di Damhil Hotel UNG, Selasa (30/4/2019). (Foto: Nova-Humas).

KOTA GORONTALO, Humas – Pemerintah Provinsi Gorntalo melalui Dinas Pariwisata terus memberikan perhatian terhadap pengembangan sektor pariwisata di Gorontalo. Kali ini, Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo melalui program pelatihan sumber daya manusia (SDM) pariwisata menyasar para siswa SMA/SMK se Provinsi Gorontalo.

Kegiatan yang dilaksanakan di Damhil Hotel UNG, Selasa (30/4/2019) dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba. Pelatihan tersebut diikuti oleh 275 orang terdiri dri siswa SMK/SMA, mahasiswa jurusan pariwisata UNG dan UMG, NOU UTI Provinsi Gorontalo, utusan Dinas Pariwisata Kabupaten Kota se Provinsi Gorontalo.

Baca Juga :  Gorontalo Dapat Perhatian Khusus Dari Mentan

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, Nancy Lahay menekankan pentingnya peran generasi muda dalam mengembangkan sektor pariwisata. Anak muda bisa menjadi ujung tombak bersama-sama pemerintahan untuk bisa membantu dinas pariwisata bagaimana memperkenalkan dan mengembangkan destinasi pariwisata.

“Gorontalo itu banyak potensi dan tidak kalah dengan daerah lain. Kalau berbicara pantai, kita tidak kalah dengan pantai yang ada di Bali. Gorontalo memiliki garis pantai lebih dari 600 km. Gunung kita punya, hutan kita punya kenapa tidak bisa kita kembangkan kenapa kita tidak ekspos. Paling tidak ada 10 destinasi yang boleh kita ekspos dan eksplore,” kata Nancy

Nancy juga mengatakan, pelajar mempunyai energi positif untuk pengembangan pariwisata. Kebiasaan generasi muda yang suka narsis dan membagikan segala sesuatu ke media sosial dianggap dapat membantu mengembangkan ekonomi pariwisata.

Baca Juga :  Masyarakat Diminta Tenang, Stok LPG Gorontalo Aman

“Di kampung halaman kita kalau ada yang bisa di ekspos tolong di ekspos. Kenalkan wisata lewat gadget kalian, pasti generasi milenial semua sudah punya HP android. Tapi saya berharap, keindahan alam harus dan wajib hukumnya untuk dijaga. Semakin kita jaga kelestarian alamnya, semakin dia menjanjikan kesejahteraan bagi masyarakat,” ujarnya

Sementara itu, Sekdaprov Gorontalo Darda Daraba dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Dinas Pariwisata. Menurutnya momen ini sangat tepat memberikan dorongan kepada para siswa untuk memahami konsep pembangunan pariwisata.

“Kuasai bahasa asing, kuasai IT, dan kuasai leadership. Potensi wisata Gorontalo sangat tinggi. Tentunya ini membutuhkan SDM yang bisa mengelola destinasi-destinasi yang ada. Termasuk melakukan inovasi dan terobosan baru untuk menuju pariwisata lebih mendunia,” jelas Sekda.

Baca Juga :  Wagub Resmikan Masjid Al-Ikhlas Tenggela

Pewarta: Nova

Editor: Isam

112 total views, 1 views today