Disnakbun Bentuk Timwas Hewan Qurban

Gorontalo – Menyambut pelaksanaan Hari Raya Idul Adha, Persatuan Dokter Hewan Indonesia dan mahasiswa Gorontalo akan dilibatkan langsung menjadi Tim Pengawas (Timwas) pemantauan hewan yang akan dikurban.

Pelaksana harian (Plh) Dinas Peternakan dan Pertanian Provinsi Gorontalo, Agustina Kilapong mengatakan, pekan depan pihaknya akan mengundang semua badan ta’mirul mesjid, dan juga Majelis Ulama Indonesia (MUI) Gorontalo, untuk membahas pelaksanaan pemotongan hewan kurban.

“Sekaligus mereka memantau Kesejahteraan Hewan atau Kesrawan,” Kata Agustina.

Dijelaskanya bahwa, mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo (UNG) fakultas peternakan dan Universitas Muhammadiya Gorontalo (UMG), nanti akan ditugaskan kelokasi tempat pemotongan hewan kurban, yang datanya akan diterima dari pihak ta’mirul mesjid.

Namun karena keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM), maka tim pengawas ini hanya akan memantau mesjid atau lokasi-lokasi pemotongan hewab kurban yang berjumlah Lima ekor keatas.

“Secepatnya kami akan merapatkan rencana kegiatan ini, dan membagi wilayah kerja dari tim pengawas yang akan dibentuk nanti,” ucapnya.

Sebelumnya dinas Peternakan dan Perkebunan Provinsi Gorontalo, menemukan sejumlah kasus virus Antraks di Kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Bone Bolango.

Sebelumnya Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Gorontalo telah melakukan vaksinasi dan pengobatan, yang telah mencapai sekitar 8.000 ekor lebih sejak beberapa bulan terakhir.

285 total views, 1 views today

Rate this article!
author

Author: 

Leave a Reply