Dinas Arpus Tingkatkan Pendapatan Warga dengan Membaca

0
399
Kadis Arsip dan Perpustakaan (Arpus) Provinsi Gorontalo Yosef P. Koton (dua kanan) saat menghadiri sosialisasi Program IMUT, program kegiatan membaca untuk meningkatkan pendapatan warga di Kelurahaan Bolihuangga, Kec. Limboto, Kabupaten Gorontalo, Kamis (5/7/2018). (Foto: Suleman-Dinas Arpus).

KABUPATEN GORONTALO, Humas – Dinas Arsip dan Perpustakaan (Arpus) Provinsi Gorontalo berupaya meningkat pendapatan masyarakat dengan membaca. Seperti yang dilakukan di Kelurahan Bolihuangga, Kec. Limboto Kabupaten Gorontalo, Kamis (5/7/2018) dengan melibatkan komunitas sahabat buku Mohammad Hatta dan Perpustakaan Kelurahaan setempat.

Program yang diberi nama IMUT atau Iqro Mopolayi U Tilapulo (membaca meningkatkan pendapatan masyarakat) menyasar mahasiswa, ibu rumah tangga dan warga yang bekerja atau memiliki usaha di bidang perbengkelan dan budidaya perikanan. Dinas Arpus menyiapkan buku-buku yang berkaitan dengan usaha tersebut untuk dipinjam dan dibaca selama 14 hari ke depan.

“Setiap pekerjaan di dunia ini ada ilmunya, termasuk ilmu perbengkelan dan perikanan. Jadi salah satu kuncinya agar usaha bapak ibu bisa semakin sukses yakni dengan membaca untuk menambah wawasan dan keterampilan,” kata Kadis Arpus Yosef P. Koton.

Menurut Koton, ilmu pengetahuan setiap hari terus berkembang mengikuti perubahan zaman. Di sisi lain, persaingan usaha juga semakin tinggi yang menuntut adanya peningkatan kualitas produk yang dihasilkan. Jika warga tidak belajar dan membaca maka akan tertinggal dan tergilas zaman.

“Misalnya bagaimana ikan lele yang ibu bapak ternak bisa cepat panen tapi dengan biaya produksi dan pakan yang rendah? Itu semua butuh ilmunya dan tidak cukup hanya mengandalkan pengalaman. Ilmu itu bisa diperoleh dengan gemar membaca,” imbuhnya.

Artikel Terkait  Akhir April, 29 OPD Gorontalo Capai Realisasi Fisik

Program IMUT yang dilaksanakan di kelurahan dan desa ini juga melibatkan instruktur perbengkelan dan penyuluh perikanan dari Balai Budidaya Ikan Tawar Provinsi Gorontalo. Ada sesi materi yang diberikan untuk berbagi kiat-kiat sukses kepada warga yang hadir.

Terkait dengan keberadaan Perpustakaan Kelurahan, Dinas Arpus Provinsi Gorontalo memberikan bantuan 500 eksemplar buku dengan berbagai judul dan bidang ilmu.

Pewarta: Suleman-Dinas Arpus

Editor: Isam

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini