Dinas Arpus Minta Pemda Selektif Musnahkan Arsip

Kadis Arpus Provinsi Gorontalo Yosef P. Koton (kiri) saat menerima kunjungan kerja Dinas Arpus Kabupaten Gorontalo dan Dinas Arpus Kabupaten Pohuwato bertempat di ruang kerjanya, Senin (2/7/2018). Kunjungan ini untuk mengkonsultasikan mekanisme pemusnahan arsip dan pengadaan mobil perpustakaan keliling. (Foto: Suleman – Dinas Arpus).

KOTA GORONTALO, Humas – Dinas Arsip dan Perpusatakaan Provinsi Gorontalo meminta kepada Dinas Arpus Kabupaten/Kota untuk selektif memusnahkan arsip daerah. Hal itu disebabkan arsip berkaitan erat dengan rekam jejak pemerintah masa lalu dan bukti sejarah yang konkrit.

Penegasan tersebut disampaikan oleh Kadis Arpus Provinsi Gorontalo Yosef P. Koton saat menerima kunjungan Kerja Dinas Arpus Kabupaten Gorontalo dan Dinas Arpus Pohuwato, Senin (2/7/2018).

Baca Juga :  PJ Gubernur Pimpin Apel Terakhir Bersama Jajaran Pemprov Gorontalo

“Jadi jika memang ada arsip yang harus dimusnahkan harus benar benar selektif. Perlu juga adanya daftar arsip yang dimusnahkan, berita acaranya dan atas persetujuan bupati,” Yosef mengingatkan.

Lebih lanjut Yosef menjelaskan, untuk mensiasati arsip berupa dokumen dan foto tidak menumpuk di gudang, perlu adanya arsip yang terdokumentasi secara elektronik. Arsip elektronik bisa sewaktu waktu digunakan jika dibutuhkan.

Kunjungan kerja Dinas Arpus Kabgor dan Arpus Pohuwato juga untuk mengkoordinasikan pengadaan kendaraan perpusatakan nasional. Kendaraan yang akan digunakan sebagai perpustakaan keliling sampai ke pelosok.

“Proposal untuk perpustakaan keliling sudah kita ajukan ke Perpusnas, insyaallah akan ada tindaklanjut tahun ini atau tahun depan,” imbuhnya.

Baca Juga :  Pemerintah Upayakan Kebutuhan Air Bersih Gorontalo Terpunuhi

Pewarta: Suleman – Dinas Arpus

227 total views, 1 views today

author

Author: