Dinas Arpus Gorontalo Perjuangkan Anggaran Depot Arsip

 

Forum Rapat Koordinasi Teknis Nasional (Rakorteknas) Pembangunan Regional II yang sedang berlangsung di Mataram, Nusa Tenggara Barat dimanfaatkan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) untuk mengusulkan program. Salah satunya pembangunan Depot Arsip untuk masuk menjadi program prioritas kementrian/lembaga.

“Ada banyak usulan yang disampaikan dalam rakortek ini, tapi yang paling menonjol yakni pembangunan Depot Arsip. Kami belum punya dan ini penting untuk menyimpan dan mengelola arsip daerah,” terang Kadis Arpus Yosef Koton.

Pada pembahasan usulan ini yang didampingi Sekretaris Daerah Winarni Monoarfa itu, Arpus Gorontalo mengusulkan anggaran pembangunan Depot Arsip sebesar 9 Milyar. Sementara sisanya untuk pengelolaan perpustakaan dan program peningkatan minat baca dengan nilai total 15 Milyar Rupiah.

“Ada program untuk perpustakaan seperti peningkatan kapasitas SDM Pustakawan, akreditasi perpustakaan dan penyusunan bibiliografi daerah dan katalog induk daerah” sambungnya.

Pembahasan anggaran untuk Dinas Arpus diasistensi langsung oleh pihak Bappenas, Kemendagri, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan Perpustakaan Nasional (Perpusnas). Sementara dari pihak Arpus mengutus juga Sekretaris Dinas Rosnawaty Ishak, Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan Amelia Maksum dan Staf Perencanaan dan Keuangan Ladale U. Lahema.

Bambang/Isam/Humas

159 total views, 1 views today

author

Author: