Delegasi Pemprov Gorontalo Perjuangkan Pendirian Fakultas Kedokteran di Gorontalo

Jakarta –  Satu lagi harapan masyarakat Gorontalo untuk kemajuan pendidikan di daerah ini akan diwujudkan.  Plt Gubernur  Gorontalo bersama sejumlah pejabat dari Provinsi Gorontalo,  sedang memperjuangkan hadirnya Fakultas Kedokteran di Universitas Negeri Gorontalo.

Dalam kunjungannya baru-baru ini di Jakarta, Plt. Gubernur Gorontalo,  Prof. Zudan Arif Fakrulloh bersama Wakil ketua DPRD Provinsi Gorontalo, Hamid Kuna, Ketua Komisi I Deprov Gorontalo Firman Sunge dan Rektor Universitas Negeri Gorontalo Syamsu Qamar Badu, Wawali Gorontalo Charles Budi Doku beserta instansi terkait Dinas kesehatan provinsi Gorontalo melaksanakan audiens dengan Ketua Konsil kedokteran Indonesia (KKI), Jum’at 27/1/2017 di Kantor KKI, Menteng, Jakarta Pusat.

 

Dalam pertemuan tersebut, Prof .Zudan beserta delegasi diterima oleh ketua KKI Prof. Dr. Bambang Supriyanto, SP.Ak dan Ketua Divisi pendidikan Konsil kedokteran, Dr. dr. Sukman Tulus Putra SP.AK.  Plt Gubernur Gorontalo menyampaikan keinginan besar  agar  pihak KKI dapat membantu pendirian Fakultas kedokteran dimaksud.  Zudan akan menggunakan pendekatan afirmasi, sehingga dengan adanya pembukaan fakultas kedokteran di Gorontalo diharapkan ditahap awal bisa memenuhi kebutuhan dokter di Gorontalo yang saat ini sudah memiliki 6 rumah sakit.

Lebih lanjut Zudan menjelaskan, mengingat pendirian berbagai program studi saat ini masih ada moratorium dari Kemenristek dikti, akan tetapi ada langkah akurmasi atau langkah ke khususan untuk provinsi yang belum ada fakultas kedokteran termasuk Gorontalo. Apalagi sesuai data SNMPTN tahun 2016, putra putri gorontalo yang berminat masuk ke fakultas kedokteran sebanyak 568 0rang per tahun. “Kita berharap semoga pemerintah memberikan kelonggaran untuk provinsi Gorontalo dalam pembukaan Fakultas kedokteran di Universitas Negeri Gorontalo (UNG) sehingga diharapkan putra putri gorontalo tidak perlu ke lagi manado, palu atau makasar untuk kuliah kedokteran” harap Zudan.

Menanggapi kunjungan Plt. Gubernur  Gorontalo bersama rombongan, Ketua KKI menjelaskan tata cara alur pembukaan Fakultas kedokteran serta akan membantu sesuai kewenangannya dan sesuai peraturan mekanisme dan ketentuan yang berlaku. Turut berbicara dalam kesempatan tersebut, Wakil ketua DPRD Prov. Gorontalo Hamid Kuna yang menyatakan bahwa DPRD Prov. Gorontalo mendukung sepenuhnya pembukaan fakultas kedokteran di Gorontalo dan berharap kiranya KKI dapat merestuinya. (Didin BP JKT- Tim Redaksi Humas)

219 total views, 3 views today

author

Author: 

Leave a Reply