Dari Sidak Samsat Bone Bolango, Wagub Instruksikan Tingkatkan Pelayanan dan Capaian Realisasi

Wagub H. Idris Rahim memperhatikan alur pelayanan di Samsat Bone Bolango

GORONTALO – Wakil Gubernur Gorontalo menginstuksikan jajaran Unit Pelaksana Teknis Badan (UPTB) Samsat Bone Bolango untuk meningkatkan pelayanan guna menggenjot penerimaan pajak kendaraan bermotor. Hingga Juli 2017, realisasi penerimaan pajak kendaraan bermotor di Samsat Bone Bolango baru mencapai Rp9,626 miliar atau 42,35 persen dari target sebesar Rp22,731 miliar.

“Jika melihat realisasi ini, berat untuk bisa mencapai target. Harus ada strategi khusus dan upaya keras untuk bisa mencapai realisasi yang tinggi,” kata Wagub Idris Rahim saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke kantor Samsat Bone Bolango, Senin (7/8).

Untuk meningkatkan capaian realisasi, Idris meminta Samsat Bone Bolango untuk secara rutin melakung sweeping terpadu, termasuk kegiatan sosialisasi maupun penjemputan langsung kepada warga yang menunggak pajak.

Pada kesempatan tersebut, Wagub juga menyoroti kendala sarana prasarana di Samsat Bone Bolango, seperti belum adanya drive thru, samsat delivery, dan mesin cetak plat nomor kendaraan. Untuk pencetakan plat nomor kendaraan yang selama ini masih dilakukan di Samsat Limboto, Idris meminta untuk dikoordinasikan kembali dengan seluruh pihak terkait agar tidak terjadi penundaan penyerahan plat nomor. Kondisi saat ini, setiap pemilik kendaraan yang memperpanjang surat kendaraan, belum bisa langsung menerima plat nomor, tetapi hanya diberi resi atau bukti pembayaran sambil menunggu plat nomor selesai dicetak.

“Kondisi ini tidak boleh dibiarkan, setiap warga yang telah membayar, saat itu juga harus menerim plat nomor untuk kendaraannya,” tegas Idris.

Selain menginstruksikan untuk pengadaan mesin cetak plat nomor kendaraan untuk Samsat Bone Bolango, Idris juga menyarankan sebelum selesainya proses perpanjangan surat kendaraan, petugas di Samsat Bone Bolango mencatat terlebih dahulu nomor kendaraan dan segera mengirimnya lewat sms ke Samsat Limboto untuk pencetakan plat nomor.

“Jadi kita harus bisa perhitungkan waktu antara pengurusan surat-suratnya, plat nomornya juga bersamaan dicetak. Selesai dicetak, harus ada petugas yang segera mengantarnya ke Samsat Bone Bolango, sehingga masyarakat tidak perlu bolak balik hanya untuk mengambil plat nomor,” tandas Idris.

Pewarta/Editor : Haris
Foto : Haris

98 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply