Dari Seminar Nasional Whale Shark, Gorontalo Dinilai Sangat Potensial Dari Segi Kelautan

Gorontalo – Pemerintah Provinsi Gorontalo dalam hal ini Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Gorontalo, menyelenggarakan seminar nasional “Whale Shark” dan Gema Bangsa Maritim yang berlangsung di Ballroom Hotel Grand Q kota Gorontalo, Minggu (17/7).

Pada kesempatan itu, Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Winarni Monoarfa, yang hadir sekaligus memberikan sambutan mewakili pemerintah provinsi menilai, seminar ini sangat tepat. Karena mengingat Gorontalo jika dilihat dari segi kelautan sangat potensial.

“Gorontalo sebagai salah satu daerah yang berada di teluk tomini dan laut Sulawesi, ini sangat potensial. Laut di Gorontalo sangat membuka peluang kerja bagi para nelayan. Perikanan bisa menjadi yang utama diwilayah kita ini,” kata Winarni.

Olehnya melalui seminar ini, Winarni mengatakan lebih termotivasi terutama dalam rangka pengembangan sektor perikanan dan kelautan di daerah ini. Sebagai contoh, Gorontalo memiliki potensi ikan Kerapu yang melimpah ruah terutama di Gorontalo Utara dan dapat dijadikan sebagai komoditi unggulan daerah, yang diharapkan nantinya menjadi wahana bagi pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya nelayan.

“Komoditi perikanan lainnya yang cukup potensial adalah budidaya Udang Vaname yang tengah didorong agar digeluti oleh masyarakat nelayan dan diharapkan dapat memberikan nilai tambah secara ekonomi,” tambahnya.

Terakhir Sekdaprov berharap seminar nasional namun bernuansa internasional ini akan memberikan sumbangsih pemikiran bagi masyarakat Gorontalo untuk membangkitkan semangat kerja dalam mewujudkan daerah ini kearah yang lebih baik.

Sementara itu Prof. Rohmin Dahuri, mantan Menteri Perikanan dan Kelautan yang saat ini menjabat sebagai penasehat Ahli Gubernur Gorontalo Bidang Kelautan dan Perikanan, yang menjadi pemateri utama dalam seminar tersebut menilai, seminar ini sangat penting untuk menjadi rujukan. Karena negara ini termasuk negara maritim namun masih banyak nelayan yang terpinggirkan.

“Ini merupakan sebuah ironi yang harus dicarikan solusi terbaiknya. Makanya saya sangat bangga sekali Gorontalo dapat menyelenggarakan seminar nasional seperti ini. Gorontalo punya potensi yang begitu besar dari segi kelautan. Lihat saja Hiu Paus yang jauh dari wilayah antartika datang kesini, ini bukti laut Gorontalo sangat berpotensi,” tuturnya.

Hadir pada kesempatan tersebut, Andry Indryasworo Kepala Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut Kementrian Kelautan dan Perikanan, Mahardika Rizki Direktur Whale Shark Indonesia, Casandra Tania Marine Species Officer WWF Indonesia, serta mahasiswa fakultas perikanan dan kelautan.

Pewarta : Ecin

Foto.       : Husain Tontowa (Radio RH)

Editor.     : Asriani

126 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply