Darda Daraba Pimpin PDDI Provinsi Gorontalo

Ketua Umum PB PDDI, Adang Daradjatun (kanan), melantik Pengurus Daerah PDDI Provinsi Gorontalo masa bakti 2018-2023 di Hotel Grand Q Kota Gorontalo, Minggu (16/12/2018). (Foto : Haris – Humas)

KOTA GORONTALO, Humas – Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Darda Daraba, dilantik sebagai Ketua Pengurus Daerah Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) Provinsi Gorontalo masa bakti 2018-2023. Pelantikan dilakukan oleh Ketua Umum Pengurus Besar PDDI, Adang Daradjatun, di Hotel Grand Q Kota Gorontalo, Minggu (16/12/2018) malam.

“Terima kasih kepada peserta Musyawarah Daerah III PDDI yang telah mengamanahi kepada kami sebagai ketua dan pengurus PDDI Provinsi Gorontalo. Saya siap menghibahkan diri untuk tugas kemanusiaan ini,” kata Darda Daraba.

Baca Juga :  Tenaga Medis Diminta Utamakan Pasien Daripada Jaminan Kesehatan

Kepada seluruh pengurus yang baru dilantik, Darda Daraba mengajak untuk saling bahu membahu dalam mewujudkan tujuan PDDI. Menurutnya tugas dan tanggung jawab dalam menjalan tugas organisasi akan terasa ringan jika seluruh elemen pengurus PDDI dari tingkat provinsi hingga ke tingkat ranting saling bekerja sama, bersinergi, dan terpadu dalam mencapai visi dan tujuan untuk kemanusian.

“Utamanya kepada para sukarelawan donor darah yang menjadi ujung tombak dari keberhasilan program PDDI mari kita saling bahu membahu dalam membantu sesama umat, sesuai dengan motto PDDI ‘Together for Humanity’, bersama untuk kemanusiaan,” ujar Sekda Provinsi Gorontalo itu dalam sambutannya.

Sementara itu Ketua Umum PB PDDI, Adang Daradjatun berharap PD PDDI Provinsi Gorontalo dapat mengemban tugas kemanusiaan dengan mengajak masyarakat luas melakukan donor darah sukarela sebagai wujud semangat kesetiakawanan. Adang mengingatkan, kegiatan sosial penuh dengan pengabdian, sehingga itu dibutuhkan keikhlasan dalam melaksanakan tugas-tugas kemanusiaan itu.

Baca Juga :  Wagub Gorontalo Minta IPW Jadi Teladan Dan Berkontribusi Dalam Pembangunan

Mantan Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia itu menuturkan, tantangan PDDI ke depan adalah menyediakan jumlah darah yang cukup dan terus membina para anggota donor darah sukarela dengan saling asah, asih, dan asuh. Adang mengungkapkan, selama ini masih banyak calo darah yang tidak jelas kesehatan dan kondisi darahnya. Sementara tidak semua masyarakat yang membutuhkan darah, mampu untuk membeli darah yang dibutuhkannya.

“Untuk itu PDDI harus hadir untuk membantu masyarakat yang membutuhkan darah, setetes darah bisa menyelamatkan seseorang,” imbuhnya.

Menyinggung masih banyaknya kesalahpahaman masyarakat tentang PDDI dan PMI, Adang menjelaskan bahwa PDDI adalah organisasi yang membantu Palang Merah Indonesia (PMI) dalam konteks mengumpulkan darah dan mengajak masyarakat secara sukarela mendonorkan darah. Adang berharap tidak terjadi ego organisasi yang justru mengakibatkan organisasi tidak berjalan dengan baik.

Baca Juga :  Rusli : Pengadaan Barang dan Jasa Butuh Persamaan Persepsi

“Tetap kita adalah organisasi yang membantu PMI, tidak boleh ada ego terhadap organisasi. Saya berharap pemerintah daerah, PMI, dan PDDI di Gorontalo menjadi kekuatan yang besar dalam menyiapkan donor darah,” pungkas Adang Daradjatun.

Hadir pada pelantikan tersebut Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim, Kapolda Gorontalo Brigjen Pol. Rachmad Fudail, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Provinsi Gorontalo, pengurus cabang PDDI Kabupaten/Kota, sukarelawan dan komunitas donor darah.

 

Pewarta : Haris

225 total views, 2 views today

author

Author: