Danau Limboto Masuk Kawasan Observasi Tim Lemhanas RI

GORONTALO – Kunjungan Tim Lemhanas RI ke Provinsi Gorontalo bisa membawa angin segar untuk Danau Limboto.

Deputi Bidang Strategi dan Kewaspadaan Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) RI Mayjen TNI (Purn) Abdul Chasib sebagai ketua tim yang berjumlah 7 orang, yang ditemui sesaat setelah melakukan pertemuan dengan Pj. Gubernur Gorontalo, Jumat (28/4) di Rumah Jabatan Gubermur, mengatakan, ada beberapa poin penting untuk dikaji kembali dari Provinsi Gorontalo khususnya menyangkut isu strategis yang di hadapi oleh Gorontalo saat ini yakni permasalahan keberadaan Danau Limboto.

“Danau limboto ini kita masukkan ke kawasan observasi kita, karena memang permasalahan danau limboto ini sudah disampaikan oleh Gubernur. Jadi kita mencatat semuanya  dan nanti kita akan bawa ke pusat untuk di kaji kembali dan termasuk sebagai bahan laporan Gubernur ke Presiden atau mungkin bahan kajian kita tim lemhanas,” jelas Chasib.

Chasib menambahkan, setiap hasil yang dikumpulkan oleh Tim Lemhanas disetiap Provinsi yang dikunjungi akan menjadi pembahasan dan penilaian berkelanjutan.

“Nanti semua hasilnya akan kita bawa ke pusat, bisa di sharing dengan peserta dari daerah lain. Jadi, nanti apa yang ada di Gorontalo yang bernilai positif bisa di tularkan ke daerah lain,” kata Chasib

Sementara itu, Penjagub Gorontalo Zudan Arif Fakrullah di tempat yang sama menambahkan, kawasan danau limboto memang pada dasarnya telah menjadi isu Nasional. Untuk itu disetiap pertemuan atau akan ada kunjungan, maka yang akan di promosikan terlebih dahulu adalah Danau Limboto, observasi harus terus dilakukan.

” Kita paham bahwa Gorontalo itu seperti rumah air, kita cekung seperti baskom. Kalau kita tidak hati hati Gorontalo akan banjir terus. Luas wilayahnya sekarang tinggal separuh karena sekarang sudah banyak kawasan pemukiman. Inilah yang harus di konservasi kembali harus di dalamkan. Tanpa air bersih semuanya akan sulit, maka akses air bersih salah satunya dari danau limboto. Inilah yang kita sampaikan pada tim pengkaji Limhanas,” tuturnya.

Saat ini Danau Limboto menjadi perhatian nasional. Danau yang terletak di Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo ini, dari tahun ke tahun luas dan tingkat kedalamannya terus berkurang. Dari data Wikipedia, luas Danau Limboto pada tahun 1999 berkisar antara 1.900-3.000 ha, dengan kedalaman 2-4 meter. Pada tahun 1932, luas perairan ini mencapai 7.000 ha.(Ecin – Tim Redaksi Humas)

134 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply