“Brigade Alsintan” Jadi Percontohan Nasional

Gorontalo – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menjelaskan bahwa terkait model “Brigade Alsintan” (Alat dan mesin Pertanian) akan menjadi percontohan Nasional.

Rusli menjelaskan bahwa, dihadapan Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman, pihaknya menjelaskan sejumlah ide dan gagasanya terkait peningkatan program pertanian salah satunya tentang Brigade Alsintan.

“Alhamdulillah Mentan memberikan apresiasi, dan akan menjadikan projec percontohan disektor pertanian,” Kata Rusli Habibie, saat tiba di Bandara Djalaludin Gorontalo, Rabu.

Dimana untuk menjaga mesin dan alat pertanian (Alsintan) tetap awet dan tidak cepat rusak maka, pemerintah Provinsi Gorontalo akan mengambil alih pemeliharaan serta perawatan alat tersebut.

Rusli menambahkan bahwa selama ini Alisintan tersebut ketika diberikan kemasyarakat atau kelompok tani, pemeliharaannya itu tidak ada, ini dikarenakan dari segi teknis petani belum terlalu memahami sistem perawatanya.

Baca Juga :  Tingkatkan Kompetensi di Bidang Transportasi, STTD Gelar Diklat

“sehingganya kita akan membuat semacam gudang atau bengkel, nah disitu Alsintan tadi dirawat dan dikelolah oleh tenaga ahli melalui anggaran APBD, sehingga umur Alsintan akan lebih lama, karena perawatanya dikelolah oleh Pemerintah,” Kata Rusli Habibie.

Namun ketika masyarakat membutuhkan alat tersebut, lanjut Rusli, maka alat-alat tersebut akan kita turunkan semua, sesuai permintaan dari daerah kabupaten/kota yang membutuhkannya.

Rusli menambahkan untuk petani yang tadinya membayar Rp1,5 juta per Hektar, dengan adanya Alsintan ini mereka cukup membayar separuh sesuai kebutuhanya, sehingga mereka tidak terlalu terbebani.

” jadi yang dibayarkan petani itu hanya untuk operator alat dan untuk beli Bahan Bakar Minyak (BBM) saja,” Kata Rusli.

Baca Juga :  Ini Cara Rusli Dorong Petani Udang Vaname

Setelah Alsintan ini digunakan, maka alat tersebut kemudian akan ditarik lagi oleh Pemerintah, dan jika perlukan baru pemerintah akan menurukan lagi, dan tidak dititipkan ke petani, guna menjaga perawatannya.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo Mulyadi menjelaskan bahwa model Brigade Alsintan ini mendapat apresiasi dari Mentan, dan akan dijadikan percontohan Nasional.

” nanti Mentan akan mengundang Gubernur dan Kepala Dinas terkait se-Indonesia, dan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, akan jadi pembicara, bahkan Mentan akan menambah Alsintan di Gorontalo,” Kata Mulyadi.

639 total views, 1 views today

Berita Terkait

KEBIJAKAN – Pengemudi Bentor dan Penumpang A... Gorontalo - Melihat banyaknya pengemudi bentor serta penumpang yang mengalami kecelakaan, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie berencana akan mengasuransi...
Gubernur Gorontalo Cemaskan Berkurangnya Pekerja S... Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (kiri) saat menggelar dialog dengan perwakilan petani dan nelayan se Kota Gorontalo dan Kabupaten Bone Bolango berte...
Rusli Serahkan Bantuan Pertanian di Bone Bolango RHNews.com - Dalam mendukung terwujudnya kedaulatan pangan, Pemerintah Provinsi Gorontalo terus mendorong dan memfasilitasi kemudahan bagi seluruh pet...
Rusli Serahkan sejumlah Bantuan Di Bulango Ulu Gorontalo (27/2) - Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, memperlihatkan keseriusannya dalam peningkatan ekonomi kerakayatan di Gorontalo.  Meski hari libu...
Tags:
author

Author: