BPBD Latihan Bersama Penanggulangan Bencana Alam di Makrorem 133/NW

0
15

Gorontalo, Humas – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Gorontalo, mengikuti latihan bersama penanggulangan bencana alam di Markas Komando Resor Militer (Makorem) 133/Nani Wartabone.

Latihan bersama ini diperlukan untuk meningkatkan kemampuan aparat dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana di Provinsi Gorontalo.

“Kami mengucapkan terima kasih dan memberi apresiasi atas inisiatif Pangdam XIII/Merdeka yang memprakarsai latihan bersama penanggulangan bencana Alam, khususnya kebakaran hutan,” kata Sumarwoto, Rabu (4/9/2019).

Dengan latihan bersama ini, Sumarwoto yakin aparat akan terlatih dan terampil, memiliki kemampuan bekerjasama dan chemistry yang baik, sehingga akan memudahkan dan memaksimalkan peran sertanya ketika ada bencana sesungguhnya.

“Sudah tergambar siapa berbuat apa dan apa tanggung jawabnya masing-masing. Ini penting sekali, karena saat tertimpa bencana biasanya akan menimbulkan kepanikan yang luar biasa, saling mengharapkan dan bahkan saling menyalahkan,” papar Sumarwoto.

Sumarwoto juga mengungkap pesan Gubernur Gorontalo bahwa Pemerintah Provinsi memberi dukungan penuh upaya latihan bersama dalam meningkatkan kesiapsiagaan.

Ke depan akan dilakukan evaluasi dan perbaiki system latihan ini agar terus mendapatkan kemajuan, sehingga aparat penanggulangan bencana benar-benar terlatih dan terampil.

Dalam kegiatan ini juga digelar pameran peralatan evakuasi Kantor Pencarian dan Pertolongan Provinsi Gorontalo.

Kegiatan ini juga dihadiri Pangdam XIII/Merdeka, Mayjen TNI Tiopan Aritonang berlangsung kompak dan sesuai dengan rencana.

Sumarwoto berharap latihan bersama ini berhasil membangun kebersamaan dan meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana. Semoga Gorontalo terhindar dari bencana.

Artikel Terkait  Giliran Warga Batudaa Pantai Nikmati Pasar Murah

pewarta : ppid BPBD

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini