Bina Penangkar Benih Jagung, Distan Pertemukan Stakeholder Perbenihan

 

GORONTALO – Program untuk lebih meningkatkan pengetahuan para penangkar benih jagung hibrida dilakukan Balai Perbenihan, Pengawasan dan Sertifikasi Benih Pertanian (BPPSBP) Dinas Pertanian (Distan) Provinsi Gorontalo melalui pertemuan teknis antar stakeholder perbenihan se-Provinsi Gorontalo. Pertemuan yang turut dihadiri oleh ahli perbenihan Balitserealia Maros Dr. Azrai dan Wiji Astutiningsih dari Kementerian Pertanian RI berlangsung di aula kantor BPPSBP, Jumat (16/3).

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo Muljady Mario saat membuka kegiatan mengatakan, kita sedang berusaha agar benih jagung hibrida ini tidak lagi tergantung pada penangkar dari provinsi lain, melainkan kita di Gorontalo harus bisa mempunyai sendiri para penangkar yang memiliki komitmen untuk mengikuti mekanisme atau aturan dalam proses perbanyakan benih, sehingga nanti penangkar ini akan menjadi bagian dari proses program dinas pertanian untuk menyediakan benih yang bermutu dan berkualitas.

Baca Juga :  Kajian Awal RS Ainun Segera Ditawarkan ke Investor

” Pertemuan teknis antar stakeholer dalam hal perbenihan ini dinilai sangatlah penting. Mengingat BPPSBP merupakan balai leburan dari tiga balai lainnya yang ada di dinas pertanian Provinsi Gorontalo, jadi perlu adanya sosialisasi pada stakeholder terkait,” jelas Kadis Pertanian.

Menurut Muljady , kehadiran dua narasumber yang merupakan ahli perbenihan ini untuk memberikan penjelasan kepada kita semua dalam hal varietas hibrida litbang yang belum familiar dikelola oleh penangkar-penangkar nanti.

“Kita sedang berusaha benih jagung hibrida ini tidak lagi tergantung pada penangkar dari provinsi yang lain, melainkan kita di Gorontalo harus bisa mempunyai sendiri para penangkar yang memiliki komitmen untuk mengikuti mekanisme atau aturan dalam proses perbanyakan benih, sehingga nanti penangkar ini akan menjadi bagian dari proses program dinas pertanian untuk menyediakan benih yang bermutu dan berkualitas,” tandas Muljady Mario

Baca Juga :  Tagana Dibekali Pelatihan Pada Bimtek Manajemen Pengungsi

Pertemuan teknis antar stakeholder ini dihadiri 100 orang peserta dari 6 Kabupaten/ Kota se Provinsi Gorontalo diantaranya kepala seksi perencanaan dinas pertanian, kepala seksi yang membidangi bidang perbenihan, kepala seksi yang membidangi perbenihan tanaman pangan, Kepala BBU Kab/Kota, serta produsen benih.

pewarta : Ecin
Foto : Rasid
Editor : Asriani

315 total views, 1 views today

author

Author: