BI Sosialisasikan Sistem Pembayaran Non Tunai QRIS

0
186
Kepala Perwakilan BI Gorontalo Budi Widihartanto (kiri), menjelaskan penggunaan dan manfaat QRIS kepada Wagub Gorontalo H. Idris Rahim di ruang kerja Wagub kompleks Gubernuran Gorontalo, Selasa (10/3/2020). (Foto : Haris – Humas)

KOTA GORONTALO, Humas – Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Gorontalo mulai menyosialisasikan sistem pembayaran transasksi non tunai menggunakan Quick Respon Indonesia Standard (QRIS). QRIS merupakan standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari BI yang mengintegrasikan seluruh aplikasi yang menyediakan atau menerima pembayaran dengan QR Code.

“Minggu ini kita akan melakukan sosialisasi sistem pembayaran dengan QRIS kepada pemerintah daerah, pelaku UMKM, dan seluruh masyarakat Gorontalo,” ucap Kepala Perwakilan BI Provinsi Gorontalo, Budi Widihartanto, usai memperkenalkan QRIS kepada Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim di ruang kerja Wagub kompleks Gubernuran Gorontalo, Selasa (10/3/2020).

Budi Widihartanto menjelaskan, QRIS memiliki beberapa keunggulan yang antara lain yaitu bisa digunakan oleh seluruh penyelenggara jasa pembayaran non tunai yang menggunakan metode QR Code, seperti Ovo, Link Aja, Gopay, dan Dana.  Keunggulan lainnya, penggunaan QRIS sangat mudah serta dapat dilakukan di mana saja dan oleh siapa saja.

“Transaksi menggunakan QRIS gampang dan sangat mudah. Hanya memerlukan waktu beberapa detik langsung bisa bertransaksi, manfaatnya juga langsung dirasakan. Lebih aman karena karena tidak perlu membawa uang banyak dalam dompet, juga menekan penggunaan uang palsu karena basisnya adalah digital non tunai,” jelas Budi.

Pada kesempatan itu Wagub Idris Rahim melihat langsung praktek penggunaan QRIS yang ditunjukkan oleh petugas dari Perwakilan BI Gorontalo. Wagub mengapresiasi inovasi BI yang dinilainya akan sangat membantu pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), serta pedagang kecil karena penggunaan QRIS yang sangat mudah dan cepat.

Artikel Terkait  100 IRT Terima Benih Cabai Rawit Bantuan Dinas Pangan Gorontalo

“Ini akan menjadi salah satu alternatif pembayaran non tunai berbasis digital yang diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Gorontalo. QRIS gampang penggunaannya dan langsung diterima uangnya,” tandas Wagub Idris Rahim.

Dalam rangka Pekan QRIS Nasional, Perwakilan BI Gorontalo akan menggelar sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat yang rencananya akan digelar pada hari Sabut, tanggal 14 Maret 2020. Kegiatan yang akan berlangsung di lapangan Taruna Remaja Kota Gorontalo akan diisi dengan jalan sehat, edukasi penggunaan QRIS, serta pembagian doorprize kepada pengguna QRIS.

Pewarta : Haris

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini