Berkunjung ke Gorontalo, Pangdam XIII Disambut Adat Mopotilolo

Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XIII/Merdeka Mayor Jenderal TNI Madsuni (tengah kiri) didampingi Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (tengah kanan) saat mengikuti prosesi adat Mopotilolo di Rumah Jabatan Gubernur, Sabtu (12/5/2018). Adat Mopotilolo merupakan simbol diterimanya seorang pejabat negara yang untuk pertama kalinya berkunjung ke Gorontalo. (Foto: Salman-Humas).

KOTA GORONTALO, Humas – Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XIII/Merdeka, Mayor Jenderal TNI Madsuni didampingi ibu Retno Madsuni diterima secara adat Mopotilolo saat berkunjung ke Gorontalo, Sabtu (12/5/2018).

Mopotililo merupakan upacara penyambutan bagi pejabat negeri yang baru pertama kalinya menginjakkan kaki di bumi Serambi Madinah. Penyambutan yang berlangsung di Rumah Jabatan Gubernur itu dilaksanakan oleh para pemangku adat U Duluwo Limo Lo Pohalaa (dewan adat dari lima negeri adat Gorontalo).

Baca Juga :  Gubernur Gorontalo Serahkan 2,9 M Bantuan Pangan Non Tunai Daerah

Prosesi diawali dengan penyambutan di pintu masuk rumah jabatan sebagai pintu gerbang adat. Pangdam XIII didampingi Gubernur Gorontalo Rusli Habibie disambut dengan tabuhan genderang dan tuja’i (pesan-pesan adat) serta dipersilahkan masuk ke ruang tamu.

Jamuan teh dan kue tradisional Gorontalo disajikan sebagai pemuka dalam prosesi adat. Selanjutnya, Pandam diberi petuah adat dan diakhiri dengan pembacaan doa agar senantiasa diberi kesehatan dan dijauhi dari marabahaya.

Kunjungan mantan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Kopassus) itu berlangsung selama dua hari. Sehari sebelumnya, Jumat (12/5/2018), Mayjen Madsuni dan jajaran berkunjung ke Markas Komandi Brigif 22 Ottamanasa untuk menghadiri sertijab Komandan Brigif 22 Ottamanasa dari pejabat lama ke pejabat baru.

Baca Juga :  Zudan Arif : Sukseskan GERMAS Untuk Indonesia Kuat

Sementara pada hari Sabtu ini, Mayjen Madsuni bersama Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengikuti sejumlah kegiatan yakni peresemian Rumah Hunian Idaman Rakyat (RH-IR) di Desa Talumelito, Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Ada juga penanaman pohon dan bakti sosial di Desa Ayumolingo, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo. Kedua kegiatan tersebut sekaligus menandai kerjasama padat karya antara Pemprov Gorontalo dengan TNI.

Kunjungan Pangdam XIII diakhiri dengan mengunjungi Korem 133/Nani Wartabone di Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo. Di kantor yang baru selesai dibangun itu, Pangdam melihat dari dekat pelaksanaan bakti sosial sunatan masal sekaligus menghadiri Rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang dipimpin oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie.

Baca Juga :  RS Ainun Selesai Dibangun, Gubernur Semringah

Pewarta: Ecyhin

Editor: Isam

508 total views, 1 views today

author

Author: