Begini Penampakan Patung BJ Habibie di Gorontalo

0
1807
Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (tengah) saat memimpin rapat mendegarkan pemaparan hasil desain patung BJ Habibie yang berlangsung di Rumah Jabatan Gubernur, Selasa (21/8/2018). Dalam waktu dekat, patung Presiden RI ketiga itu akan dikonsultasikan langsung kepada BJ Habibie di Jakarta.

KOTA GORONTALO, Humas – Proses pembuatan patung BJ Habibie di gerbang masuk Bandara Djalaluddin Gorontalo memasuki tahap yang lebih serius. Pihak pemenang memperlihatkan kepada Gubernur Gorontalo Rusli Habibie maket patung tersebut, Selasa (21/8/2018).

Konsep patung karya Suwardi dari Yogyakarta itu menggambarkan sosok BJ Habibie yang sedang tersenyum sambil memegang pesawat di tangan kanan. Tampilan Menristek Era Presiden Soeharto itu semakin elegan dengan pakaian adat ‘takowa’. Pakian Gorontalo yang biasa dipakai oleh tauwa (pemimpin negeri).

Beberapa detail  patung mendapat perhatian dari gubernur. Di antaranya bentuk wajah Presiden RI ke tiga yang belum mirip dengan aslinya. Detail dari pakaian ‘takowa’ yang dikenakan BJ Habibie juga masih perlu dikoreksi.

“Pecinya berbentuk lonjong tidak terlipat seperti dalam desain. Di peci ada semacam pita emas yang menandakan bahwa beliau sudah mendapatkan pulanga (gelar adat),” kata Gubernur Rusli.

 

Maket patung BJ Habibie yang rencananya akan dibangun di gerbang masuk Bandara Udara Djalaluddin, di Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo. (Foto: Salman-Humas).

Hal senada juga diutarakan oleh Ketua Dewan Adat Gorontalo, Karim Pateda. Ia menyoroti penempatan kantong baju yang tidak nampak dalam desain.

“Baju takowa itu ada kantong satu di atas, dua di bagian bawah. Ini yang belum nampak dalam desain. Pakaiannya juga ada garis emas vertikal di bagian tengah baju,” kata Karim.

Rencananya dalam waktu dekat desain patung tersebut akan dikonsultasikan langsung kepada BJ Habibie, di Jakarta. Pemerintah bersama pembuat patung akan meminta saran dan masukan sebelum patung tersebut benar benar dibangun.

Artikel Terkait  Ralisasi Fisik Dinas Pertanian Gorontalo Capai 100 Persen

Pewarta: Isam

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini