Begini Caranya Sapi 1,5 Ton Diternak di Gorontalo

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (kedua dari kanan) saat melihat dari dekat proses pembibitan ternak di PT Karya Anugerah Rumpin di Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Senin (11/12).

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengundang pengusaha pembibitan ternak PT Karya Anugerah Rumpin (KAR) untuk berinvestasi di Gorontalo. Kehadiran PT KAR diharapkan bisa mendorong produktivitas ternak sapi di Gorontalo yang menjadi salah satu sektor andalan penggerak ekonomi masyarakat.

Sebagai langkah awal, gubernur didampingi Kadis Pertanian Muljadi Mario serta pakar peternakan Dr. Arifin Habibie mengunjungi PT KAR di Cibinong, Bogor, Jabar, Selasa (11/12). Kedatangan Rusli disambut langsung oleh Direktur Utama PT KAR Karnadi Winaga.

Keunggulan dari peternakan di PT KAR yakni sudah melakukan riset jangka panjang dibantu oleh LIPI. Mereka berupaya mencari indukan sapi yang unggul. Selain itu, ada juga teknologi kawin silang dari sapi luar negeri jenis Limosin, Siemental, Belgian Blue untuk dijadikan bibit.

Baca Juga :  Penanaman Pohon Warnai Hari Bhakti Adhyaksa di Gorontalo

“Di sini (PT KAR) bobot badan sapi bisa mencapai 1,5 Ton per ekornya. Itu sebanding dengan 5 ekor sapi di kita,” terang Kadis Pertanian Muljadi Mario usai kunjungan tersebut.

Selain mengajak berinvestasi, gubernur Rusli berharap kehadiran PT KAR di Gorontalo bisa melakukan transfer teknologi kepada peternak lokal. Diharapkan peternak Gorontalo bisa belajar teknologi pembibitan, pemeliharaan dan pemberian pakan untuk menghasilkan ternak sapi yang unggul.

“Jadi dua hal yang ditawarkan pak gubernur. Mereka diminta mau membantu kita memperbaiki balai pembibitan ternak di Wonggahu dan kedua mereka mau investasi di Gorontalo,” imbuhnya.

PT KAR menyatakan keninginan mereka untuk membangun pusat pembibitan ternak di Gorontalo. Dalam waktu dekat tim dari PT KAR beserta tim dari LIPI akan ke Gorontalo untuk menyusun desain investasi. Selain itu juga mereka berencana melatih inseminator dan peternak untuk transfer teknologi reproduksi dan budidaya ternak sapi.

Baca Juga :  Kejati – Pemprov Gorontalo Gelar Bazar Ramadan

Pewarta/editor : Isam

Foto : ADC Gubernur

274 total views, 5 views today

author

Author: