Bawaslu Gorontalo Gelar Rakor Pengawasan Pilkada dan Pemilu

Wagub Gorontalo H. Idris Rahim memberikan sambutan pada rakor pengawasan pilkada 2018 dan pemilu 2019 di ballroom Hotel Maqna Kota Gorontalo, Sabtu (24/2).

GORONTALO – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Gorontalo menggelar rapat koordinasi (rakor) pengawasan tahapan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada) tahun 2018 dan pemilihan umum (pemilu) tahun 2019, di ballroom Hotel Maqna Kota Gorontalo, Sabtu (24/2).

Pembukaan rakor ditandai dengan pemukulan gong oleh komisioner Bawaslu RI Mochammad Afifuddin, didampingi Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim, dan Ketua Bawaslu Provinsi Gorontalo Jaharudin Umar.

Rakor diikuti oleh kurang lebih 450 peserta, terdiri dari ketua dan anggota KPU provinsi dan kabupaten/kota, ketua dan anggota Panwas kabupaten/kota, ketua dan anggota Panwaslu dari 77 kecamatan se Provinsi Gorontalo, serta instansi terkait diantaranya Polda Gorontalo, Badan Kesbangpol, serta Satuan Polisi Pamong Praja provinsi dan kabupaten/kota.

Baca Juga :  Gubernur Gorontalo Akan Bangun "Kave"

“Rakor ini sangat penting untuk memantapkan pengawasan pilkada 2018 dan pemilu 2019 di Provinsi Gorontalo. Pemerintah Provinsi Gorontalo berharap seluruh tahapan penyelenggaraan pilkada dan pemilu dapat berjalan lancar, aman, dan sukses,” kata Wagub Idris Rahim dalam sambutannya.

Sementara itu Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Gorontalo, Sapni Syahril menjelaskan tujuan pelaksanaan rakor yaitu untuk menyatukan persepsi dan meningkatkan sinergitas dalam mengawal pemilihan bupati dan wakil bupati Gorontalo Utara serta wali kota dan wakil wali kota Gorontalo, serta menjadikan pemilu legislatif serta pemilihan presiden dan wakil presiden tahun 2019 yang langsung umum, bebas, rahasia, jujur, dan berkualitas.

“Tujuan rakor ini untuk memaksimalkan fungsi stakeholder sebagai lembaga yang membantu proses pengawasan, serta mensosialisasikan rangkaian teknis penyelenggaraan pengawasan pilkada 2018 dan pemilu 2019,” jelas Sapni.

Baca Juga :  HIPMI Diharapkan Berkontribusi Bangun Gorontalo

Pewarta/Editor : Haris

Foto : Haris

421 total views, 6 views today

author

Author: