Bangun Pariwisata Butuh Peran Swasta

Gorontalo – Provinsi Gorontalo memiliki beberapa objek wisata yang tak kalah indah dan menariknya dibandingkan dengan objek wisata yang ada di provinsi lain di Indonesia.

Diantaranya taman laut Olele, pulau Saronde dan pulau Cinta, termasuk objek wisata sejarah dan budaya, serta wisata kuliner khas Gorontalo.

” Olele, Saronde dan pulau Cinta adalah ikon wisata bahari di Provinsi Gorontalo. Untuk wisata sejarah kita memiliki beberapa situs peninggalan masa kerajaan dan penjajahan, dan untuk kuliner ikonnya adalah Binde Biluhuta, ” kata Wagub Idris Rahim.

Idris mengungkapkan, untuk mendorong pertumbuhan jumlah wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata, Pemerintah Provinsi Gorontalo bersama kabupaten/kota selain fokus pada pembenahan objek-objek wisata, juga melakukan pembangunan infrastruktur yang mempermudah akses ke objek wisata tersebut.

Pembangunan infrastruktur jalan, termasuk pembangunan bandara Djalaludin yang pekerjaannya telah rampung dan tinggal menunggu peresmiannya oleh Presiden RI Joko Widodo.

Menyangkut belum adanya rute penerbangan dari Jakarta ke Gorontalo, Idris menjelaskan, pemerintah terus melakukan koordinasi dengan pihak maskapai, namun dirinya optimis seiring perkembangan Provinsi Gorontalo, penerbangan direct pasti akan segera diwujudkan.

” Dari panjang runway dan terminal bandara, sebenarnya kita sudah siap dengan penerbangan direct. Kendalanya tinggal tergantung pada jumlah penumpang, itu alasan maskapai.Tapi dengan kondisi saat ini dimana perharinya kurang lebih seribu orang keluar masuk lewat bandara Djalaludin, kita optimis akan ada penerbangan direct”, ungkap Wagub.

Dari beberapa upaya tersebut, satu hal terpenting menurut Wagub Idris Rahim untuk memajukan sektor pariwisata adalah keterlibatan pihak swasta.

Idris mengatakan, pemerintah tidak bisa sepenuhnya mengembangkan dan mengelola objek wisata karena keterbatasan anggaran yang dimilikinya, oleh karena itu dibutuhkan investasi dari swasta untuk pengelolaan satu destinasi wisata. (rg-25)

 

 

233 total views, 1 views today

Rate this article!
author

Author: 

Leave a Reply