Atasi Berita Hoax dengan Perilaku INCAKAP

Ketua TP PKK Provinsi Gorontalo Idah Syahidah memberikan materi pada sosialisasi Internet Cerdas, Kreatif dan Produktif (INCAKAP) yang digelar di Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo, Kamis (29/3). (Foto: Burhan-Humas).

Guna mengatasi peredaran berita hoax di kalangan masyarakat dengan perilaku Internet Cerdas, Kreatif dan Produktif (INCAKAP). Incakap diharapkan mampu menjadikan masyarakat cerdas dalam memilah dan memilih mana saja informasi yang benar adanya.

“ Internet sangat dibutuhkan oleh semua kalangan, namun internet juga mempunyai sisi negatif contohnya hoax yang sekarang ini menjadi sesuatu yang viral dan menjadi perbincangan masyarakat, jelas Idah pada Sosialisasi Internet Cerdas, Kreatif Dan Produktif (INCAKAP) yang digelar di Ballroom Hotel Citra Ayu, Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo, Kamis (29/3).

Baca Juga :  Gubernur : Jalan Yang Putus Segera Dipasang Jembatan Bailey

Lebih lanjut istri Gubernur Gorontalo Rusli Habibie itu mengemukakan, di tengah perkembangan teknologi dewasa ini sangat dibutuhkan formula atau konsep untuk memaksimalkan penggunaan teknologi kearah yang positif dan meminimalisir dampak negatif yang ditimbulkan.

Banyak berita internet yang sifatnya hoax atau berita bohong. Dari berita selebritis hingga para pejabat di pemerintahan pun tidak luput dari berita hoax tersebut. Dampaknya sangat besar karena bisa menimbulkan perpecahan dan perselisihan antara satu kelompok dengan kelompok yang lain.

“Perkembangan teknologi saat ini bagaikan dua mata pisau yang perlu mendapatkan perhatian khusus dari semua elemen. Di balik manfaat internet ada juga banyak kerugian dan dampak yang mengkawatirkan mulai dari hal-hal yang berbau pornografi, kasus penipuan dan kekerasan yang semua bermula dari dunia maya,” imbuhnya.

Baca Juga :  PLTG Paguat, Program Pembangkit Listrik  35 ribu MW Pertama Beroperasi.

Semua permasalahan tersebut lanjut Idah harus mendapat penanganan serius agar pengaruh negatif dari internet dapat diminimalisir.

Sosialisasi diikuti oleh 60 orang peserta yang terdiri dari Dinas Kominfo Kabupaten Boalemo, Kepala Sekolah/Guru, pelajar perwakilan SMA/SMK se-kabupaten Boalemo. Hadir pula tokoh pemuda, tokoh masyarakat serta tokoh agama.

Pewarta: Burhan

Editor: Isam

240 total views, 1 views today

author

Author: