ASN Pemprov Antusias Bersedekah Disela-sela Apel Kerja

Ada yang menarik pada apel kerja yang dirangkaikan dengan apel Korpri di lingkungan Pemerintah Provinsi Gorontalo yang digelar di halaman rumah jabatan Gubernur Gorontalo, Senin (6/2). Disela-sela arahannya, penjabat Gubernur Gorontalo Prof. Zudan Arif Fakrulloh tiba-tiba menginstruksikan peserta apel untuk bersedekah harian. Spontan instruksi ini langsung disambut antusias oleh seluruh peserta apel dengan memberikan sedekah melalui beberapa kopiah peserta apel pria yang dijadikan wadah untuk mengumpul sedekah. Pengumpulan sedekah ini pun membuat Zudan harus menghentikan arahannya untuk beberapa saat.

“Untuk pengumpulan sedekah ini, saya rela menunggu dan menghentikan arahan saya. Silahkan bapak ibu mengumpulkan sedekah harian. Melihat antusiasnya peserta apel, saya jadi berkeinginan untuk menggelar apel setiap Senin pagi di tempat ini,” kata Zudan yang disambut tepuk tangan meriah seluruh peserta apel.

Melanjutkan arahannya, Zudan mengatakan, gerakan sedekah harian yang telah dicanangkan sejak Desember 2016 silam, harus terus ditumbuhkembangkan dalam keseharian ASN dan seluruh elemen masyarakat, termasuk di kalangan pelajar. Terkait hal itu, Zudan menginstruksikan kepada Kepala Sekolah SMA/SMK di Provinsi Gorontalo untuk menggalakkan sedekah harian di sekolahnya masing-masing. Menurutnya, sedekah harian merupakan implementasi dari kata “terima kasih” yang mengandung makna bahwa disetiap sesuatu yang diterima, ada hak yang harus dikasih atau diberikan kepada orang lain. Sedekah harian juga menunjukkan sikap kedermawanan, rela berbagi dan sikap peduli.

“Setiap kita mendapat sesuatu, ada yang bukan menjadi hak kita, dan itulah yang kita salurkan melalui sedekah harian. Kita latih anak-anak didik kita menjadi orang dermawan dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi,” ujarnya.

Selama enam minggu pengumpulan sedekah harian di lingkungan Pemprov Gorontalo, hingga saat ini jumlah dana sedekah yang terkumpul mencapai 161 juta rupiah, sedangkan jumlah sedekah yang terkumpul pada pelaksanaan apel tersebut sebesar 9,270 juta rupiah. Zudan menjelaskan, dana yang terkumpul tersebut akan difokuskan untuk pembangunan Masjid Raya dan Islamic Centre Provinsi Gorontalo.

“Insya Allah dengan sedekah harian ini pembangunan masjid raya dan Islamic Centre bisa cepat diselesaikan. Mudah-mudahan sedekah kita itu akan diganti oleh Allah SWT dengan sesuatu yang lebih banyak dan lebih baik,” pungkas Zudan. (Haris-Tim Redaksi Humas)

368 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply