Arsip Nasional RI Gelar Bimkos di Provinsi Gorontalo

GORONTALO – Untuk meningkatkan kualitas pengelolaan kearsipan daerah, Arsip Nasional RI bekerjasama dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo, melaksanakan Bimbingan dan Konsultasi (Bimkos) Teknis Pengelolaan Arsip Aset Nasional di Provinsi Gorontalo, yang berlangsung di Hotel Maqna Kota Gorontalo, Rabu (3/5).

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Asisten Pemerintahan Setda Provinsi Gorontalo  yang juga Plh Gubernur Gorontalo  Anis Naki, MM dan menghadirkan langsung Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan Arsip Nasional RI Dr. Andi Kasman, SE, MM, ini bertujuan untuk menjamin terciptanya arsip, ketersediaan arsip yang autentik dan terpercaya, terwujudnya pengelolaan arsip yang handal serta peningkatan kualitas pelayanan publik.

“ Bidang kearsipan memiliki peranan yang sangat penting dalam mewujudkan program-program pembangunan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) , itulah yang tertuang dalam nawacita Presiden RI Jokowidodo, antara lain membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis dan terpercaya” kata Anis  saat memberi sambutan pada kegiatan tersebut  .

Lebih lanjut Anis menegaskan, pengelolaan kearsipan yang ada di Provinsi Gorontalo harus lebih ditingkatkan. Jika selama ini arsip selalu satu langkah dibelakang perpustakaan namun mulai sekarang harus dirubah, karena kearsipan dan perpustakaan harusnya saling terpaut satu sama lainnya.

“Terus terang saya melihat belum seimbang antara promosi perpustakaan dan juga arsip. Untuk itu kedepan kita buat arsip harus lebih dulu diproritaskan dari pada perpustakaan, jika ada iklan tentang perpustakaan maka harus ada juga tentang kearsipan begitu pula sebaliknya,” tegasnya.

Diakhir sambutannya Anis berharap kepada pihak Arsip Nasional RI agar dapat terus memprogramkan kegiatan semacam ini agar pengelolaan arsip aset nasional dapat terwujud, khususnya di Provinsi Gorontalo.

“ Kepada seluruh peserta Bimkos ini khususnya pejabat struktural bidang kearsipan, se-Provinsi Gorontalo agar dapat mengikuti Bimkos ini dengan sebaik mungkin, agar kedepannya dapat mengaplikasikannya sesuai dengan maksud dan tujuan Bimkos ini,” tandas Anis. (Ecin – Tim Redaksi Humas)

155 total views, 3 views today

author

Author: 

Leave a Reply