Arpusda Siapkan SDM Kearsipan Berbasis TIK Lewat Bimtek

Pemateri dari ANRI (Arsip Nasional RI) Satriani memberikan materi dalam bimbingan teknis sistem pengelolaan kearsipan daerah berbasis teknologi informasi dan komunikasi, Senin (25/3/2019) di Hotel Ramayana, Makassar. (Foto : Laila – Arpusda)

Makassar, Humas – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Provinsi Gorontalo menyiapkan sumber daya manusia yang mampu melaksanakan tugas-tugas kersipan berbasis Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) melalui pelaksanaan bimbingan teknis sistem pengelolaan kearsipan daerah berbasis teknologi informasi dan komunikasi, Senin (25/3/2019) di Hotel Ramayana, Makassar.

Kadis Arpusda, Yosef P. Koton, saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, ini merupakan salah satu wujud kepedulian Pemerintah Provinsi Gorontalo dalam rangka mengemban tanggung jawab untuk melaksanakan pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) khususnya di bidang kearsipan.

Baca Juga :  Pj Sekda Jadi Mentor RLA Angkatan XV

“Demikian pentingnya arsip dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, sehingga pengelolaan arsip menjadi salah satu tolok ukur dalam menilai keberhasilan reformasi birokrasi yang dijalankan pemerintahan saat ini,” jelas Yosef.

Lebih jauh Yosef menguraikan, arsip yang tertib, baik dan tersusun dengan rapi tentu akan memudahkan kita dalam melihat dan meninjau kembali pekerjaan dan dokumen yang telah kita lakukan.

“Administrasi perkantoran kearsipan adalah hal yang sangat penting, karena peranan arsip sebagai sumber informasi, pusat ingatan atau pengingat dan bahan bukti yang bernilai sejarah sebagai pertanggung jawaban terhadap generasi mendatang,” terang Yosef.

Sementara itu Panitia Pelaksana, Kasie Pembinaan Kearsipan, Feri Hulukati, menjelaskan, bimtek ini bertujuan untuk mengetahui cara pengelolaan arsip yang efektif dan efisien dengan dukungan Teknologi Informasi bagi para pengelola kearsipan yang ada di SKPD Provinsi Gorontalo khususnya merubah cara konvensional menjadi berbasis Teknologi Informasi Komunikasi (TIK).

Baca Juga :  Brigade Alsintan Gorontalo Jadi Contoh Nasional

Bimtek yang dilaksanakan selama 2 hari dengan nara sumber berasal dari pejabat di lingkungan ANRI (Arsip Nasional RI) ini diikuti oleh 36 pengelola arsip di SKPD lingkup Pemprov Gorontalo dan kabupaten/kota se Provinsi Gorontalo.

Pewarta : Asriani

120 total views, 1 views today

author

Author: