Apel Perdana, PNS Gorontalo Wajib “Upia Karanji”

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dengan balutan upia karanji di kepala. Songkok anyaman dari pohon mintu itu semakin cantik dengan tulisan “Gorontalo” di sisi kanan dan tulisan “Provinsi” di sisi kiri.

Jika tidak ada aral melintang, Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan pemerintah Provinsi Gorontalo akan menggelar apel kerja akbar awal tahun 2018, besok Rabu (3/1). Apel rencananya akan dilaksanakan di rumah jabatan gubernur. Sebetulnya apel kerja sudah dilakukan hari ini, tapi masih berlangsung di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mewajibkan bagi PNS laki-laki untuk menggunakan upia karanji (kopiah keranjang, songkok tradisional Gorontalo) saat apel nanti. Sementara pakaian dinas menyesuaikan dengan pakaian dinas harian, putih-hitam.

“Tolong sampaikan kepada semua pegawai (laki-laki) pakai upia karanji besok di apel,” terang Rusli usai makan siang bersama para Pejabat Tinggi Pratama, Selasa (2/1).

Gubernur Rusli sejak berapa bulan terakhir memang tidak pernah lepas dari upia karanji . Setiap menghadiri acara pemerintahan, Rusli nampak eksis dengan balutan songkok berbahan lidi pohon Mintu itu. Songkok yang juga populer dikenakan presiden ketiga Gus Dur dan Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno.

“Songkok ini kan identitas kita warga Gorontalo. Masa almarhum Gus Dur saja pakai, kita tidak? kalau bukan kita yang merawat budaya kita maka siapa lagi?” imbuhnya.

Apel besok juga akan menandai penggunaan upia karanji di kalangan PNS pada setiap hari kerja. Rusli berharap penggunaan upia karanji secara masif dapat merawat kearifan lokal dan mengenalkan budaya daerah di kancah nasional. Diharapkan juga dapat mendorong peningkatan ekonomi UMKM produsen upia karanji.

Acara makan siang gubernur, wagub dan pimpinan OPD sendiri merupakan bagian dari ramah tamah awal tahun. Acara digelar usai serahterima jabatan para Pejabat Tinggi Pratama yang baru saja dilantik Jumat pekan lalu.

Pewarta/editor : Isam

Foto : Dok. humas

1,633 total views, 3 views today

author

Author: 

Leave a Reply