Anis : Gerakan Minat Baca Harus Dari Diri Sendiri 

GORONTALO – Pemerintah Provinsi Gorontalo berkerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah kembali melakukan kegiatan “Gerakan Gemar Membaca” yang setiap tahunnya memang rutin dilaksanakan guna meningkatkan minat baca di kalangan masyarakat Gorontalo.

Asisten 1 Setda Provinsi Gorontalo Anis Naki mewakili Pj Gubernur dalam sambutannya mengatakan minat baca ini sangat berkaitan dengan mentalitas dan juga spirit, semangatnya ini harus datang dari yang bersangkutan. Sebenarnya kesulitan yang dihadapai masyarakat pada minat membaca adalah relatif ada pada diri sendirI.

“Jadi semuanya harus berasal dari diri sendiri. Tapi secara eksternal tentu sajah harus ada upaya-upaya dari kita Pemerintah Provinsi, dan ini salah satu cara kita bekerjasama dengan Perpustakaan Nasional setiap tahunnya melaksanakan kegiatan minat baca ini, agar masyarakat Gorontalo bisa terus sadar akan kemanfaatan dari membaca sejak dini,” kata Anis pada kegiatan talk show “Minat Baca” yang bertempat di Gedung Misfalah, Rabu (26/4).

Secara lebih efisien menurut Anis, cara yang harus dilakukan untuk mengajari anak gemar membaca sejak dini adalah tergantung bagaimana usaha setiap orang tua

“Kami pemerintah menyediakan semua fasilitas, untuk gerakan gemar membaca selalu mendapatkan bantuan mobil perpustakaan secara rutin dari perpustakaan nasional. Tapi kembali lagi kepada pengajaran orang tua, sebagai lakon utama pembentuk budi pekerti anak. Ajarkan anak membaca sejak dini entah itu melalui Taman kanak kanak, melalui Paud atau melalui kegiatan menarik lainnya,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Perpustakaan Nasional yang diwakili oleh Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pengkajian minat baca perpustakaan Nasional RI Drs. Denu Kurniadi M.Hum mengatakan bahwa hingga saat ini pemerintah Provinsi maupun di kabupaten/kota dan berbagai komponen masyarakat telah melakukan gerakan pengembangan perpustakaan, gerakan pembangunan taman bacaan, pojok baca, seperti adanya kegiatan yang di gagas oleh masyarakat secara inovatif melalui kegiatan muda pustaka, kapal pintar dan sebagainya

“Marilah kita bersama sama mendukung berbagai kegiatan pembudayaan kegemaran membaca di awali dengan pencanangan gerakan Gorontalo membaca ini.  Sehingga kita menjadi bangsa yang cerdas, maju, sejahtera dengan karakter berbudaya gemar membaca untuk menumbuhkan kreatifitas, inovasi dan kemandirian ekonomi,” tuturnya. (Ecin / Rasyid – Tim Redaksi Humas)

158 total views, 2 views today

author

Author: 

Leave a Reply