Angkat Potensi Kelapa, BLK Gelar Pelatihan

 

Gorontalo, Humas – Dinas Penanaman Modal, ESDM dan Transmigrasi Provinsi Gorontalo melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Latihan Kerja (BLK), mengadakan pelatihan pengolahan minyak kelapa kampung, di Desa Bongo II Kecamatan Wonosari Kabupaten Boalemo, Kamis (8/8/2019).

“Dipilihnya desa Bongo II ini sebagai lokus tempat pelatihan karena potensi tanaman kelapa di desa ini ini cukup banyak, tapi harga jual kelapa sangat rendah. Jadi kami ingin mengangkat potensi industri kelapa yang ada di desa ini,” jelas Kepala BLK Provinsi Gorontalo Edwin Hulopi.

Dengan pelaksanaan pelatihan pembuatan minyak kelapa kampung ini, Edwin berharap masyarakat akan lebih terampil dalam mengolah kelapa menjadi minyak kelapa kampung yang higienis, sehingga mampunyai nilai tambah yang nantinya berdampak pada penguatan ekonomi keluarga.

Baca Juga :  Mantapkan KKN Kebangsaan, Pemprov Gelar Rapat Dengan LPPM UNG

Pelatihan ini dilaksanakan selama tujuh hari dengan pemberian materi analisa usaha dan praktek pembuatan minyak kelapa kampung.

Pada pembukaan pelatihan ini diikuti oleh 16 peserta tersebut, juga disertai dengan pemberian bantuan peralatan pengolahan minyak kelapa kampung kepada empat kelompok petani kelapa yang sudah dibentuk.

Selain di desa Bongo II,  BLK juga melaksanakan pelatihan yang sama di desa Buntulia Tengah Kecamatan Buntulia Kabupaten Pohuwato.

Pewarta : ppid dinasPM

102 total views, 1 views today

author

Author: