Aktualisasi Peran DWP Lewat Tiga Program Prioritas

Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (kedua kanan) menyerahkan potongan tumpeng kepada Ketua DWP Provinsi Gorontalo Hj. Nurinda Rahim (kedua kiri) para peringatan HUT DWP ke-18 tingkat Provinsi Gorontalo di gedung Grand Sumber Ria Kota Gorontalo, Kamis (7/12)

GORONTALO – Peran Dharma Wanita Persatuan (DWP) dalam pembangunan nasional diaktualisasikan melalui tiga program prioritas, yaitu pendidikan, ekonomi, dan kesehatan. Untuk pelaksanaan ketiga program prioritas tersebut, pengurus dan anggota DWP dituntut untuk mampu meningkatkan kualitas, serta mengembangkan dan memperluas wawasannya. Hal ini diutarakan Ketua DWP Provinsi Gorontalo Hj. Nurinda Rahim saat membacakan sambutan tertulis Ketua Umum DWP, pada puncak peringatan HUT DWP ke-18 tingkat Provinsi Gorontalo di gedung Grand Sumber Ria, Kamis (7/12).

Nurinda mengatakan, ketiga program prioritas DWP diimplementasikan melalui pembinaan pendidikan di lingkungan DWP dan masyarakat, pemberdayaan ekonomi produktif dan kreatif bagi anggota dan masyarakat, serta implementasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

“Di semua tingkat kepengurusan DWP harus ikut aktif dan berperan nyata sebagai motivator dan memberikan advokasi kepada anggota dan masyarakat terhadap pelaksanaan program prioritas DWP tersebut, tegasnya.

Lanjut kata Nurinda, program prioritas DWP tersebut merupakan kontribusi DWP dalam turut serta menyelesaikan permasalahan bangsa, utamanya yang berhubungan dengan kemerosotan moral di kalangan generasi muda, tindak kekerasan terhadap kaum perempuan dan anak, termasuk kekerasan seksual yang terjadi terhadap anak di bawah umur, serta penyalahgunaan dan peredaran narkoba.

Kita tidak bisa tinggal diam melihat berbagai permasalahan yang terjadi saat ini. Kita harus menyadari bahwa peningkatan kualitas dan ketahanan keluarga merupakan salah satu cara terbaik untuk menyelesaikan masalah tersebut. Apalagi tugas dan tantangan yang dihadapi bangsa kita dalam mensejahterakan masyarakat di masa-masa mendatang semakin berat dan kompleks, maka menjadi tanggung jawab kita bersama untuk membantu mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Nurinda.

Sementara itu Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim, yang juga sebagai Dewan Penasehat DWP Provinsi Gorontalo, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa peringatan HUT DWP ke-18 merupakan momen yang tepat untuk melakukan evaluasi dan introspeksi terhadap program kerja DWP. Dirinya berharap, kiprah DWP dalam pembangunan daerah dan bangsa dapat terus ditingkatkan melalui program kerja yang diarahkan pada upaya peningkatakan kesejahteraan keluarga dan masyarakat.

“Saya mengharapkan kiprah ibu-ibu anggota DWP terus berlanjut dan lebih ditingkatkan lagi demi kesejahteraan masyarakat di Provinsi Gorontalo. Teruslah menjadi wanita-wanita hebat dan tangguh yang selalu mengabdi kepada keluarga dan masyarakat,” tandasnya.

Pewarta/Editor : Haris
Foto : Gusti

95 total views, 2 views today

author

Author: 

Leave a Reply