Aksi Bersih Pantai Warnai Festival Kirab Nusantara

Pelaksana Harian Pj. Gubernur Gorontalo, Dr. H. Anis Naki, turut memungut sampah di pantai Kurinae

GORONTALO – Kebersihan merupakan salah satu faktor penting yang sangat menunjang daya tarik satu destinasi wisata. Menyadari akan hal itu, rangkaian Festival Kirab Nusantara 2017 yang digelar oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo diawali dengan aksi bersih-bersih di sepanjang pantai Kurinae desa Botubarani, Kabupaten Bone Bolango, Minggu (7/5).

“Festival Kirab Nusantara di pantai Kurinae ini kita awali dengan aksi bersih pantai. Dalam aksi ini, kita melibatkan aparatur sipil negara, anggota TNI dan Polri, serta masyarakat yang ada di sekitar obyek wisata pantai Kurinae,” terang Anis Naki, Asisten Bidang Pemerintahan Setda Provinsi Gorontalo yang mewakili Penjabat Gubernur Gorontalo pada kegiatan itu.

Anis menambahkan, keindahan dan kenyamanan, kebersihan, sarana prasarana yang memadai, serta kemudahan mengakses satu destinasi wisata, merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dalam memajukan sektor pariwisata. Terkait hal itu, Pemerintah Provinsi Gorontalo dalam beberapa tahun terakhir memberikan perhatian besar terhadap pembangunan infrastruktur dasar yang mempermudah aksesibilitas ke obyek-obyek wisata di Provinsi Gorontalo. Pemerintah Provinsi Gorontalo juga bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota, berupaya membangun kesadaran masyarakat untuk turut serta menjaga kebersihan dan keamanan di sekitar lokasi destinasi wisata.

“Jika satu obyek wisata maju dan ramai dikunjungi wisatawan, pasti masyarakat yang ada di daerah itu juga akan merasakan dampak positifnya dengan menjajakan kuliner ataupun produk UMKM lainnya. Karena itu saya mengajak masyarakat untuk sama-sama menjaga kebersihan seluruh obyek wisata di Gorontalo,” ujar Anis Naki.

Aksi bersih-bersih pantai Kurinae

 

Lebih lanjut Asisten Bidang Pemerintahan menjelaskan, potensi pariwisata di Provinsi Gorontalo mulai dilirik oleh para investor. Anis menuturkan, belum lama ini ada tujuh investor asing yang sengaja datang ke Gorontalo untuk berinvestasi di pulau Saronde Kabupaten Gorontalo Utara.

“Diantara para investor itu, sudah ada yang berani melakukan investasi sebesar Rp3 triliun. Tentunya akan mendorong pertumbuhan ekonomi di Provinsi Gorontalo,” pungkas Anis Naki.

Pewarta : Ecin
Fotografer : Haris
Editor : Haris

182 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply