93 Madya Praja IPDN Ikuti Praktek Lapangan di Provinsi Gorontalo

0
590
Atraksi Drum Band Korps Gita Abdi Praja oleh Praja IPDN Kampus Sulawesi Utara di halaman rumah jabatan Gubernur Gorontalo, Rabu (18/4)

GORONTALO – Provinsi Gorontalo menjadi lokasi pelaksanaan praktek lapangan II Madya Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) kampus Sulawesi Utara. Sebanyak 93 Madya Praja IPDN peserta praktek lapangan diterima oleh Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim pada apel Korpri di halaman rumah jabatan Gubernur Gorontalo, Rabu (18/4). Apel diawali dengan penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama antara Pemprov Gorontalo dan IPDN tentang kerja sama pengembangan Tridharma Perguruan Tinggi.

Dalam sambutannya pada apel Korpri yang diikuti oleh Praja IPDN bersama ASN lingkup Pemerintah Provinsi Gorontalo, Wagub Idris Rahim mengatakan, kehadiran peserta praktek lapangan dari Praja IPDN merupakan spirit dalam menyiapkan sumber daya aparatur yang handal dan profesional.

Idris yang juga sebagai alumni pendidikan kepamongprajaan menegaskan, Praja IPDN yang akan melakukan praktek lapangan di Kabupaten Pohuwato harus mampu memetakan permasalahan daerah sekaligus mencari solusi pemecahannya berdasarkan data yang akurat. Dengan bekal ilmu pengetahuan yang diperoleh di bangku kuliah, menjadi modal dalam membantu penyelenggaraan pemerintahan di daerah dan memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Tetapi bekal ilmu itu belumlah cukup, dibutuhkan inovasi dan terobosan untuk penyelenggaraan pemerintahan yang lebih baik yang dapat memenuhi ekspektasi masyarakat,” terang Idris.

Lanjut kata Idris, penempatan Praja IPDN harus mampu menularkan semangat dan optimisme yang tinggi terhadap penyelenggaraan pemerintahan dengan selalu mengutamakan etos kerja dan mengimplementasikan Tridharma Perguruan Tinggi di antaranya pengabdian pada masyarakat.

Artikel Terkait  Pembersihan Danau Perintis Dikeroyok Tiga Daerah

Sebelumnya Direktur IPDN Kampus Sulawesi Utara yang diwakili oleh Kepala Satuan Latihan Kabupaten, Arnold Poli, menjelaskan bahwa tujuan pelaksanaan praktek lapangan di antaranya agar setiap Praja IPDN mengetahui kondisi obyektif penyelenggaraan pemerintahan di kecamatan sebagai input sekaligus memperkaya pendalaman materi yang diperoleh dalam perkuliahan.

“Kami titip anak-anak bangsa ini kepada pak Gubernur dan Wakil Gubernur, serta Bupati dan seluruh jajarannya. Bimbingan mereka, arahan dan nasehat bapak ibu menjadi bekal bagi masa depan generasi masa depan bangsa ini,” kata Poli.

Praktek lapangan II Madya Praja IPDN Kampus Sulawesi Utara angkatan XXVII tahun akademik 2017 2018, berlokasi di lima kecamatan di Kabupaten Pohuwato. Kelima kecamatan tersebut yaitu Marisa, Patilanggio, Buntulia, Duhiadaa, dan Paguat. Selain diikuti oleh Madya Praja IPDN yang berjumlah 93 Praja, praktek lapangan juga diikuti oleh 35 anggota tetap, sehingga total perserta berjumlah 128 orang. Praktek lapangan akan berlangsung selama 30 hari, terhitung mulai 19 April hingga 18 Mei 2018.

Usai apel Korpri, para peserta apel menyaksikan atraksi dari drum band Gita Abdi Praja yang dipersembahkan oleh Praja IPDN Kampus Sulawesi Utara.

Pewarta/Editor : Haris
Foto : Haris

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini