39 Peserta Ikuti Seleksi Kemampuan Dasar STTD

Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (seragam abu-abu), memantau pelaksanaan tes Seleksi Kemampuan Dasar calon siswa STTD melalui layar monitor di Kantor UPT BKN Gorontalo, Senin (14/5). (Foto : Dishub)

KABUPATEN GORONTALO, Humas – Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim didampingi Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo, Jamal Nganro, memantau pelaksanaan Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) calon taruna dan taruni Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD), di Kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Kepegawaian Negara (BKN) Gorontalo di Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo, Senin (14/5). SKD diikuti oleh 39 putra putri Gorontalo yang memenuhi syarat kelengkapan berkas.

Usai peninjauan Idris mengatakan, pelaksanaan seleksi tersebut merupakan tindak lanjut dari penandatangan kesepakatan kerja sama yang telah ditandatangani pada bulan Maret 2018 lalu antara Pemerintah Provinsi Gorontalo dengan STTD tentang pola pembibitan Sumber Daya Manusia (SDM) perhubungan darat. Salah satu poin dalam kesepakatan kerja sama menyebutkan bahwa Pemprov Gorontalo dalam waktu 5 tahun akan mengusulkan 40 orang peserta untuk mengikuti pola pembibitan STTD .

Baca Juga :  Dukung Embarkasi Haji, Kemenhub Review Master Plan Bandara Djalaluddin

“Pelaksanaan seleksi ini merupakan tindak lanjut kerja sama Pemprov Gorontalo dengan STTD untuk pengembangan SDM di bidang transportasi darat,” kata Idris.

Untuk pelaksanaan SKD, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) telah menetapkan passing grade atau batas nilai minimal yang harus dipenuhi oleh setiap peserta. Untuk tes wawasan kebangsaan passing grade 75, tes intelegencia 80, dan tes kepribadian 143.

“Peserta yang memenuhi passing grade selanjutnya akan lanjut ke tes selanjutnya yaitu tes akademik, tes kesehatan, psikotes, wawancara, dan tes kesamaptaan,” jelas Kadis Perhubungan Provinsi Gorontalo, Jamal Nganro.

Hasil SKD akan diumumkan pada 12 Juni 2018, dan pada 2 Juli 2018 akan dilanjutkan dengan tes akademik bagi peserta yang dinyatakan lulus pada tes SKD. Kemudian akan dilanjutkan dengan psikotes pada 16 Juli 2018, tes kesehatan pada 6 Agustus 2018, dan tes kesamapktaan dan wawancara pada 27 Agustus 2018. Hasil akhir calon taruna dan taruni STTD akan diumumkan pada 5 September 2018.

Baca Juga :  UKW Diharapkan Menghasilkan Wartawan Yang Lebih Profesional

Tahun 2018 ini Provinsi Gorontalo memperoleh kuota taruna dan taruni STTD sebanyak 29 orang, dengan rincian 13 orang untuk program D4, 11 orang program D3, dan 5 orang program D2.

Pewarta/Editor : Haris

697 total views, 3 views today

author

Author: