36 Pasien Jalani Operasi Katarak Gratis

humas.gorontaloprov.go.id  – Rumah Sakit (RS) Hasri Ainun Habibie kembali menggelar operasi katarak gratis kepada 36 pasien, pada Sabtu (28/5).
Direktur Utama RS Hasri Ainun Habibie dr. Rosina Kiu mengatakan, ini adalah program Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo yang telah berhasil melayani 812 pasien katarak secara gratis. 
“Sebanyak 36 pasien sebelumnya sudah melewati tahapan diagnosis. Dan telah berhasil di operasi, juga telah melakukan kontrol paska operasi,” kaya dr. Rosina Kiu.
Selanjutnya dr. Rosina Kiu menambahkan, setiap dua bulan sekali pihak RS Ainun melayani operasi katarak secara gratis, dengan persyaratan sangat mudah, yakni cukup mengantongi surat rujukan Puskesmas. RS Ainun juga melayani semua jenis jaminan kesehatan, baik jaminan kesehatan mandiri, atau jaminan kesehatan yang disubsidi pemerintah.
Operasi katarak yang diprogramkan Gubernur Rusli Habibie ini menurut Rosina, sudah sangat moderen, karena mengunakan peralatan yang super moderen. Serta ditangani oleh dokter-dokter spesialis mata, khusus didatangkan dari luar daerah.
“Cukup 15 menit operasi selesai, dan di jam-jam pertama pasien sudah dapat melihat dengan normal kembali,” jelas Rosina.
Selain itu, operasi katarak di RS Ainun tersebut telah menggunakan teknik Fakoemulsifikasi, dengan memakai Intra Okular Lens (IOL) Foldable. “Dan Alhamdulillah 28 Mei kemarin kami (RS.Ainun) kembali melakukan operasi terhadap 36 pesien sehingga totalnya sudah mencapai 812 orang,” pungkasnya.  (b-rh)

317 total views, 3 views today

author

Author: 

Leave a Reply