32 Anggota Paskibraka Provinsi Gorontalo Dikukuhkan

Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (kiri), menyematkan kendit kepada anggota Paskibraka Provinsi Gorontalo atas nama Dandi Radjiman, siswa SMK Negeri 2 Paguyaman, Kabupaten Boalemo, pada pengukuhan anggota Paskibraka di aula rumah jabatan Gubernur Gorontalo, Kamis (15/8/2019). (Foto : Haris – Humas)

KOTA GORONTALO, Humas – Sebanyak 32 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Gorontalo tahun 2019 dikukuhkan oleh Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim di aula rumah jabatan Gubernur Gorontalo, Kamis (15/8/2019).

Pengukuhan ditandai dengan pengucapan ikrar oleh seluruh anggota Paskibraka dan pemasangan kendit oleh Wagub Idris Rahim kepada anggota Paskibraka atas nama Dandi Radjiman, siswa SMK Negeri 2 Paguyaman, Kabupaten Boalemo. Kendit merupakan tanda kecakapan yang dililitkan di pinggang setiap anggota Paskibraka.

Baca Juga :  Peringati HKN ke 53, Wujudkan Keluarga Indonesia yang Sehat

“Kita semua mendoakan agar para anggota Paskibraka Provinsi Gorontalo dapat melaksanakan tugasnya untuk menaikkan dan menurunkan bendera pada upacara memperingati ulang tahun ke-74 Republik Indonesia,” kata Idris saat diwawancarai usai upacara pengukuhan.

Dengan didasari oleh disiplin dan ketekunan selama mengikuti latihan, Idris berharap Paskibraka dapat mengemban amanah yang dipercayakan di pundak mereka. Menurut Wagub, kesuksesan pelaksanaan upacara peringatan ulang tahun Republik Indonesia sangat ditentukan oleh keberhasilan anggota Paskibraka dalam menaikkan dan menurunkan bendera Merah Putih.

“Bendera Merah Putih adalah simbol kemerdekaan bangsa Indonesia. Para pejuang kemerdekaan telah mengorbankan harta serta jiwa dan raganya untuk berkibarnya Merah Putih di bumi pertiwi ini. Saya berharap semangat ini ditunjukkan oleh putra putri terbaik kita untuk mengibarkan bendera Merah Putih pada peringatan ulang tahun Republik Indonesia,” tutur Wagub.

Baca Juga :  Perpustakaan Desa Huntulohulawa Wakil Gorontalo di Ajang Nasional

Hingga saat pengukuhan, belum diputuskan anggota Paskibraka yang akan bertugas sebagai pembawa baki bendera, serta pengerek dan pengibar bendera Merah Putih. Penanggung jawab Paskibraka Provinsi Gorontalo, Aswin Pahrin menjelaskan bahwa untuk menentukan petugas tersebut panitia dan tim pelatih masih akan melakukan rapat internal.

“Penetapan petugas pembawa baki, komandan kelompok dan anggota Paskibraka yang termasuk dalam kelompok delapan nanti akan kita tetapkan pada rapat internal panitia bersama tim pelatih,” ujar Aswin.

Anggota Paskibraka Provinsi Gorontalo terdiri dari utusan Kota Gorontalo sebanyak 13 orang, Kabupaten Gorontalo delapan orang, Bone Bolango 4 orang, Pohuwato dan Gorontalo Utara masing-masing tiga orang, serta Kabupaten Boalemo satu orang.

Baca Juga :  Kecap Baraja Gorontalo Raih Juara 2 Nasional PCTA

 

Pewarta : Haris

293 total views, 3 views today

author

Author: