309 KK Desa Owata Belum Nikmati Listrik, Ini Reaksi Gubernur

Gorontalo (27/2) – Sedikitnya ada 1028 orang penduduk Desa Owata atau 309 Kepala Keluarga (KK) yang ada di Kecamatan Bulango Ulu Kabuapten Bone Bolango, hingga saat ini berharap dapat menikmati aliran listrik.

Saat Gubernur Gorontalo Rusli Habibie berkunjung ke Desa Owata, Kepala Desa setempat Arifin Yahya, menyempatkan diri untuk berdialog dengan Gubernur menyampaikan sejumlah keluhan dari masyarakat, salah satunya adalah masalah Listrik.

” kami masyarakat Owata beraharap bisa menikmati listrik meskipun hanya menggunakan energi tenaga Surya,” Kata Arifin Yahya, Sabtu (27/2).

Selain itu, Kepala Desa Owata juga meminta agar Pemerintah Provinsi bisa melakukan pengaspalan jalan di Desa Owata, dan sekitarnya sampai dengan Desa Mongiilo, termasuk juga pengadaan jaringan Telekomunikasi.

Mendengar permintaan dari masyarakat Desa Owata terkait jaringan listrik, Gubernur Rusli Habibie, langsung memerintahkan Kepala Dinas Kehutan dan ESDM untuk segera menurunkan tim, mengukur kebutuhan kabel listrik yang akan dipasang didesa tersebut.

“hari Senin (29/2) saya minta turunkan tim, dan koordinasi dengan PLN segera mengukur kebutuhan untuk pemasangan listrik,” Ujar Rusli Habibie.

Sementara itu terkait pengaspalan jalan, Rusli menjelaskan bahwa, jalan mulai dari Desa Kopi sampai dengan Mongiilo masih berstatus Jalan Kabupaten, sehingga kewenangannya ada di pemerintah Kabupaten.

“Jika pemerintah Kabupaten sudah menyerahkan kewenangan jalan tersebut ke Pemerintah Provinsi, baru Gubernur bisa menganggarkan untuk pengaspalan jalan,” Jelasnya.

Untuk pengadaan jaringan Telekomunikasi, pemerintah provinsi tidak bisa berbuat banyak, sebab itu merupakan kewenangan atau hak dari penyedia jasa Telekomunikasi, yaitu pihak Telkomsel.

323 total views, 2 views today

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply