20 Siswa Terbaik Gorontalo, Ikuti Program SMN BUMN Hadir Untuk Negeri

Wagub Idris Rahim menyematkan tanda peserta SMN kepada siswa difabel

GORONTALO – Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim, melepas 20 siswa berprestasi dari Provinsi Gorontalo yang terpilih untuk mengikuti program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dari PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk yang merupakan rangkaian peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-72 dan Program BUMN Hadir untuk Negeri. Pelepasan Peserta SMN yang akan diberangkatkan ke Provinsi Kalimantan Barat, digelar di hotel Grand Q Kota Gorontalo, Sabtu (22/7) malam.

“Program ini sangat strategis dalam menumbuhkembangkan wawasan kebangsaan dan semangat perjuangan dalam rangka mengisi pembangunan bangsa dan negara,” kata Wagub Idris Rahim.

Pada kesempatan itu, Wagub Idris Rahim berpesan kepada peserta SMN agar memanfaatkan program SMN untuk belajar dan memperluas wawasan pengetahuan dengan mengenal lebih jauh keragaman budaya masyarakat Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Sebagai duta daerah, Idris juga berharap para peserta SMN dapat memperkenalkan dan mempromosikan keragaman dan kekayaan budaya, serta berbagai potensi Provinsi Gorontalo.

“Manfaatkan kesempatan ini untuk memperkaya wawasan adik-adik akan keragaman budaya nusantara. Dengan mengenal budaya nusantara, akan terpatri rasa cinta tanah air,” ujar Wagub.

Sementara itu Direktur Bank BTN, Budi Satria, menjelaskan, siswa yang terpilih mengikuti SMN terdiri dari 18 pelajar kelas XI SMA/SMK, dan 2 pelajar difabel dari SLB. Para peserta ini akan mengunjungi sejunlah lokasi penting, seperti Tugu Khatulistiwa, makam Juang Anjor, Vihara Singkawang, Pelabuhan Perintis Sintete dan perkebunan sawit, belajar membuat keramik di Pontianak, serta merasakan tinggal di Entikong, daerah perbatasan Indonesia dengan Malaysia.

“Dengan mengajak para siswa mendalami unsur budaya nusantara, keanekaragaman hayati, kami berharap rasa toleransi mereka terus tumbuh, berwawasan luas dan bisa menginspirasi teman-temannya di Gorontalo,” kata Budi Satria.

Hadiri pada pelepasan SMN tersebut, Deputi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Kementerian BUMN, Sandra Firmania, pimpinan Bank BTN Gorontalo, sejumlah pimpinan SKPD Provinsi Gorontalo, serta para orang tua siswa. Peserta SMN akan diberangkatkan ke Pontianak pada tanggal 23 Juli 2017, dan akan kembali ke Gorontalo pada tanggal 1 Agustus 2017.

Pewarta/Editor : Haris
Foto : Haris

133 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply