11 Milyar Untuk Pelabuhan Ikan Gentuma Raya

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie didampingi Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin saat meninjau Pelabuhan Ikan Gentuma Raya, Kabupaten Gorontalo Utara, Minggu (24/12).

Pemerintah Provinsi Gorontalo melalui Dinas Perikanan dan Kelautan menganggarkan peremajaan Pelabuhan Ikan Gentuma, di Kecamatan Gentuma Raya, Kabupaten Gorontalo Utara senilai 11 Milyar Rupiah. Hal itu diperoleh setelah Gubernur Gorontalo Rusli Habibie meninjau pelabuhan tersebut, Minggu (24/12).

“11 Milyar saya anggarkan untuk Pelabuhan Gentuma agar lebih baik lagi,” tegas Rusli saat bertemu ribuan warga Gorontalo Utara usai peninjauan.

Rusli berharap dengan perbaikan dan penambahan fasilitas pelabuhan dapat memudahkan kapal-kapal nelayan untuk bongkar muat ikan. Selain itu, transaksi penjualan ikan di sekitar pelabuhan juga semakin baik.

Baca Juga :  Mendagri : Empat Skala Prioritas Provinsi Gorontalo Kedepan

Dihubungi terpisah, Kadis Perikanan dan Kelautan Sutrisno menjelaskan, peremajaan pelabuhan tersebut meliputi penambahan panjang dermaga, pemecah ombak dan pembangunan kantor pelayanan kepelabuhanan.

“Jadi untuk dermaga rencananya kita tambah 140 Meter, pemecah ombak 40 Meter dan kita bangun juga kantor pelayanan,” bebernya.

Pekerjaan pelabuhan akan memperbanyak kapasitas kapal ikan yang bersandar. Saat ini, kata Sutrisno, kapal ikan yang mampu ditampung hanya sekitar 5-6 kapal. Jika pekerjaan selesai, maka mampu menampung lebih kurang 15 kapal untuk bersandar dan bongkar muat.

Kehadiran Gubernur Rusli dan Ketua Tim Penggerak PKK Idah Syahidah di Gorontalo Utara selain meninjau Pelabuhan Gentuma juga untuk menyerahkan bantuan puluhan Milyar untuk warga setempat. Selain itu, ada juga penandatanganan kerjasama antara pemeritah provinsi, kabupaten, kota dengan BPJS Kesehatan terkait jaminan kesehatan warga kurang mampu.

Baca Juga :  Sinergitas DPRD-Eksekutif Provinsi Gorontalo Tuai Pujian

Pewarta/editor : Isam
Foto : Salman

542 total views, 1 views today

author

Author: