1000 Guru PAUD dan TK Ikuti Pendidikan Karakter

Idah Syahidah saat memberikan sambutan di depan 1000 guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan TK se-Provinsi Gorontalo, di Ballroom Hotel Maqna Kota Gorontalo, Rabu (15/11)

GORONTALO – Sebanyak 1000 guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan TK se-Provinsi Gorontalo mengikuti Pelatihan Akbar Praktik Pendidikan Karakter dan Pendekatan Saintifik yang Sukses Membangun Akhlak, Daya Pikir dan Kreatifitas Anak, Rabu (15/11) Di Ballroom Hotel Maqna Kota Gorontalo.

Bunda PAUD Provinsi Gorontalo Idah Syahidah Rusli Habibie mengatakan guru adalah salah satu pembentuk karakter anak didik sebab melalui sentuhan seorang guru atau pendidik lahir sumber daya manusia yang berkualitas sehingga peran guru sangatlah penting.

“ Dunia pendidikan menuntut adanya pendidikan yang mengedepankan karakter yang berkualitas sehingga harus dimulai dari kualitas guru yang harus terus ditingkatkan,”tutur Idah.

Disisi lain sebelum mencontohkan karakter yang baik kepada anak didik, setiap guru dituntut harus memiliki karakter yang baik terlebih dahulu karena guru adalah panutan bagi anak didiknya.

“ Pendidikan karakter tidak bisa dibeli, tidak bisa diwariskan dan bukan bawaan lahir serta tidak dipelajari secara instan saja namun harus secara simultan dan kita sebagai guru atau pun bunda bunda PAUD harus memberikan contoh yang baik kepada anak-anak didik kita,”ucapnya.

Olehnya dengan pelatihan akbar yang baru pertama kali diselenggarakan di Provinsi Gorontalo ini Idah berharap agar para peserta pelatihan yang merupakan agen perubahan dapat mengaplikasikan apa saja yang telah diperoleh dari pelatihan tersebut dan memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak-anak bangsa yang akan mengambil alih kepemimpinan bangsa Indonesia di masa yang akan datang.

Pelatihan ini menghadirkan pembicara nasional Ratna Megawangi Ph.D pendiri Indonesia Heritage Foundation (IHF) sebuah yayasan non profit yang membuat terobosan baru bagaimana mewujudkan insan berkarakter mulia yang konsisten antara pikiran, hati dan tindakan nyata.

Pewarta/editor: Burhan

Foto : Burhan

127 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply