1 Pembangkit 25 MW PLTU Anggrek Hampir Rampung

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (kiri) berbincang dengan General Manager PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Sulawesi Bagian Utara, Sigit Witjaksono saat meninjau progres pembangunan PLTU di Kecamatan Anggrek, Kabupaten Gorontalo Utara, Selasa (17/7/2018). Satu dari dua unit pembangkit dengan kapasitas 25 MW sudah selesai dikerjakan dan saat ini dalam proses uji kelayakan operasional. (Foto: Salman-Humas).

GORONTALO UTARA, Humas – Setelah terkatung-katung lebih dari empat tahun lamanya, progres pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Kecamatan Anggrek, Kabupaten Gorontalo Utara kini mulai memperlihatkan perkembangan yang menggembirakan.

Satu unit pembangkit listrik berukuran 25 Megawatt (MW) sudah selesai dibangun dan dalam tahap uji kelayakan operasional. Kepastian itu diperoleh saat Gubernur Gorontalo Rusli Habibie didampingi General Manager PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Sulawesi Bagian Utara, Sigit Witjaksono meninjau langsung ke lokasi, Selasa (17/7/2018).

Baca Juga :  Dukung Embarkasi Haji, Kemenhub Review Master Plan Bandara Djalaluddin

“Paling tidak ada satu unit yang sudah bisa beroperasi tahun ini. Memang kita berharap dua unit bisa beroperasi paling tidak akhir tahun ini, namun kami akan berupaya semaksimal mungkin,” terang Sigit.

Untuk bisa mengejar target tersebut, lanjut Sigit, pihaknya membutuhkan penambahan tenaga kerja ahli baik dalam dan luar negeri. Selain untuk mempercepat pekerjaan, penambahan tenaga kerja diharapkan dapat melakukan transfer ilmu pada tenaga kerja yang sudah ada.

Sementara itu, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie tampak tidak bisa menyembunyikan rasa senang dan bangganya. Pasalnya, PLTU Anggrek merupakan salah satu program penambahan daya listrik yang ia idamkan sejak awal memimpin Gorontalo.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (topi hitam) foto dengan jajaran PLN Wilayah Suluttenggo usai meninjau progres pembangunan PLTU di Kecamatan Anggrek, Kabupaten Gorontalo Utara, Selasa (17/7/2018). Dua unit pembangkit berukuran 2×25 MW ditargetkan rampung akhir Desember dan bisa diresmikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo. (Foto: Istimewa).

Rusli berkisah, rencana pembangunan PLTU 2×25 MW tersebut nyaris batal dilaksanakan dan akan pindah ke Sumatera dengan berbagai permasalahan yang ada. Begitu dirinya terpilih sebagai gubernur tahun 2012 lalu, Rusli berupaya meyakinkan pusat agar PLTU tersebut tetap jadi dengan dukungan penuh pemerintah daerah.

Baca Juga :  HUT Provinsi Gorontalo, Pemprov Gelar Konser Amal Satu Hati

“Kalau memang Desember tahun ini sudah ready, saya usulkan untuk diresmikan oleh pak Presiden Jokowi dan beberapa proyek nasional. Saya bangga, saya senang lihatnya progresnya sudah cukup maju. Kami dari pemerintah provinsi ada hambatan dan menyangkut urusan kami maka kami selesaikan,” terangnya.

PLTU Anggrek 2×25 MW sangat strategis bagi Gorontalo untuk mendukung peningkatan rasio elektrifikasi yang baru mencapai 93 persen. Penambahan daya juga diharapkan dapat meningkatkan iklim investasi dan perekonomian daerah.

PLTU yang dikerjakan oleh PT Rekadaya Elektrika itu menjadikan pembangkit antara Sulawesi Utara dan Gorontalo semakin seimbang. Saat ini ketersediaan listrik interkoneksi Sulawesi Utara dan Gorontalo mencapai 441 MW dengan beban puncak sebesar 336 MW. PLTU Anggrek diharapkan mampu menambah daya pasok listrik menjadi 491 MW.

Baca Juga :  Videotron Pemprov Gorontalo Dibuka Untuk Nobar Piala Dunia

Pewarta: Isam

1,139 total views, 2 views today

Berita Terkait

Dukung Embarkasi Haji, Kemenhub Review Master Plan... Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (tengah) menyerahkan proposal pengembangan infrastruktur perhubungan Provinsi Gorontalo kepada Sekjen Kemenhub RI Jo...
HUT Provinsi Gorontalo, Pemprov Gelar Konser Amal... Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (ketiga dari kiri) di dampingi istri Idah Syahidah bersama penyanyi religi ustd. Opick, berfoto bersama usai memberi...
Angka Kemiskinan Provinsi Gorontalo Turun Jadi 16,... Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (kemeja putih) saat pelaksanaan operasi pasar ikan murah jelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H, bulan Juli lalu. Tahun ...
PLTU Anggrek Molor, Terancam Batal Diresmikan Pres... Gubernur Gorontalo (kedua dari kiri) saat melihat langsung progres pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Kecamatan Anggrek, Kabupaten G...
Tags:
author

Author: